oleh

Evaluasi Hasil AKMI, Kemenag Jombang Optimis Capai Target 3 Besar

Jombang, Jurnal Jatim – Capaian Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Jombang, Jawa Timur tahun 2022 diharapkan dapat meningkat dibanding sebelumnya.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Jombang, Taufiqurrohman saat membuka sosialisasi aksi dan bimbingan teknis tindak lanjut aksi tingkat kabupaten tahun 2022 mengatakan perlunya mengevaluasi capaian hasil AKMI di tahun sebelumnya.

“Apakah dari kerja sama, sistem manajemen di madrasah perlu ada persamaan persepsi, kesepahaman, masing-masing komponen ini meningkatkan kompetensinya, baik bapak ibu guru maupun kepala madrasah mampu mendongkrak kompetensi masing-masing agar mendongkrak penilaian,” ujarnya, Selasa (28/8/2022).

Taufiqurrohman berharap target assesmen selanjutnya peringkat Provinsi Jawa Timur naik menjadi 3 besar melalui madrasah yang ada di Kabupaten Jombang setelah sebelumnya masih di posisi 10 besar di Indonesia.

“Maka dari itu, panjenengan yang saat ini hadir, kami berharap dengan amanah yang diberikan, panjenengan ada nilai manfaat yang muncul dan berimbas pada peningkatan kompetensi, pada peningkatan substansi ketika kembali ke madrasah masing-masing,” katanya.

Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia yang merupakan evaluasi yang dilakukan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia untuk mengukur kompetensi peserta didik madrasah.

AKMI dirancang sejak 2020 lalu dan pertama dilaksanakan tahun 2021. AKMI merupakan bagian dari program Madrasah Reform yang dikelola Ditjen Pendidikan Islam Kemenag.

AKMI digelar sebagai upaya memotret kemampuan literasi siswa madrasah, dan itu menjadi salah satu konsen Kementerian Agama. Literasi dimaksud mencakup literasi membaca, numerasi, sains, dan sosial budaya.

Hasil AKMI memberikan informasi tentang tingkat kemampuan siswa dalam berliterasi dan berpikir kritis, kemudian membantu guru dalam melakukan perbaikan pembelajaran di kelas.

Adapun jadwal pelaksanaan AKMI tahun ini, MI dilaksanakan pada 19 September sampai 1 Oktober 2022. Kemudian MTs mulai 24 sampai 28 September serta untuk MA mulai 19 sampai 22 September 2022.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Pendma) Arif Hidayatulloh menyampaikan bahwa jumlah peserta sosialisasi itu sebanyak 136 peserta. Rinciannya 130 MI selain madrasah sasaran tahun 2021, 2 MA piloting AKMI, dan 4 MTs piloting.

“Sosialisasi aksi dan bimbingan teknis tindak lanjut aksi tingkat kabupaten tahun 2022 dalam rangka AKMI berlangsung di Green Red Hotel Syariah mulai Selasa hingga Jumat, 30 Agustus hingga Jumat 2 September 2022,” ujar Arif.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.