oleh

Dinas Perkim Jombang Bangun 9 Unit MCK di Bandarkedungmulyo

Jombang, Jurnal Jatim – Pemerintah Kabupaten Jombang, Jawa Timur melalui dinas perumahan dan Permukiman (Perkim) pada tahun 2022 ini mengalokasikan dana Rp7.835.000.000 untuk pembangunan sarana mandi cuci kakus (MCK) sebagai upaya mendorong terciptanya lingkungan yang sehat.

“Alokasi dana sebesar Rp7.835.000.000 itu dalam program Jombang Berkadang (Berkarakter dan Berdaya Saing),” ungkap epala Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kabupaten Jombang, Jatim, Heru Widjajanto pada Selasa (9/8/2022).

Jombang Berkadang tersebar di beberapa desa di wilayah Kabupaten Jombang. Salah satu desa yang menerima program adalah Desa Bandarkedungmulyo Kecamatan Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang.

“Di desa Bandarkedungmulyo terdapat 9 unit MCK yang akan dibangun di Tahun Anggaran 2022 ini,” ujar Kepala Dinas Perkim Jombang.

Dinas Perkim Jombang Bangun 9 Unit MCK di Bandarkedungmulyo

Besaran dana pembangunan untuk MCK adalah Rp5 per unit. Adapun rincian untuk bangunannya adalah bilik kamar mandi, kakus atau toilet serta rangka septik yang telah memenuhi standar Kementerian PUPR.

Heru mengemukakan program Jombang Berkadang merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah kabupaten setempat untuk mendukung agar Jombang menjadi Kabupaten yang ODF (Open Defecation Free) di tahun 2023 mendatang.

Lebih lanjut Heru berharap dengan adanya pemenuhan kebutuhan dasar warga berupa sanitasi yang layak, tentu akan berimbas pada kualitas hidup warga desa semakin baik.

Selain itu, setelah pembangunan MCK itu, diharapkan masyarakat yang mendapatkan bantuan program pembangunan MCK ini dapat berpartisipasi dalam menjaga kebersihannya.

“Sehingga kenyamanan menggunakan fasilitas MCK ini bisa terjaga,” kata mantan Kepala Dinas Tenag Kerja ini memungkasi.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.