oleh

Bunda PAUD di Bojonegoro Diminta Lindungi Anak-anaknya

Bojonegoro, Jurnal Jatim – Bupati Bojonegoro, Jawa Timur Anna Mu’awanah menandaskan tantangan semakin banyak tentang bagaimana lingkungan yang ramah anak dan mengasuh anak menjadi mandiri dan berakhlak.

Anna menyampaikannya saat pengukuhan Kelompok Kerja Bunda PAUD dan Bunda PAUD Kecamatan se Kabupaten Bojonegoro 2022 Jawa Timur di Pendopo Malowopati pemkab setempat, pada Jumat (12/08/2022)

“Tantangan berikutnya membentengi anak agar tidak mudah dilecehkan atau tidak mudah menjadi korban orang sekitar,” kata Anna.

Kondisi saat ini, disebut Anna, sangatlah berbeda dengan jaman dulu. Kini banyak kasus trafficking, pelecehan seksual, bahkan orang-orang yang seharusnya melindungi anak menjadi orang yang merusak masa depan anak.

“Kasus-kasus seperti itu seperti gunung es, makin kesini makin banyak. Maka hari ini kami sengaja melibatkan Bunda PAUD ini terdiri dari perempuan dan laki-laki. Jadi melindungi anak-anak adalah tanggung jawab bersama antara ibu dan bapak,” ujar Bupati perempuan pertama di Kabupaten Bojonegoro ini. .

Melalui kesempatan itu, Anna menitipkan benar-benar atas terwujudnya Bojonegoro yang ramah anak dengan melindungi putra-putrinya. Termasuk peran bapak ikut membela hak-hak anak dan membesarkan anak.

“Selamat bertugas, mudah-mudahan kita bisa menurunkan angka kriminalitas pada anak, angka kekerasan pada anak, dan angka pernikahan usia dini,” katanya.

Perlu diketahui, sebagaimana disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Bojonegoro Nur Sujito, pengukuhan Pokja Bunda PAUD dan Bunda PAUD se Kecamatan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Bojonegoro Nomor 188/515/KEP/412.013/2021.

Nur Sujito mengatakan, tujuan acara itu pertama, mewujudkan kepengurusan Pokja Bunda PAUD tingkat Kabupaten dan Bunda PAUD Tingkat Kecamatan.

“Kedua untuk mewujudkan penyelenggaraan PAUD yang berkualitas dengan layanan yang holistik-integratif,” kata Nur Sujito dalam laporannya.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.