oleh

Bruk! Dapur Rumah Warga Hancur Tertimpa Pohon Randu di Tuban

Tuban, Jurnal Jatim – Seorang warga di Tuban Jawa Timur tidak menyangka pohon randu yang selama ini berada di sekitar rumahnya tumbang dan menimpa dapur rumahnya pada Minggu sore (14/8/2022).

Dapur rumah yang sehari-harinya digunakan untuk beraktivitas memasak terpaksa harus diperbaiki sebab rusak semua akibat ditimpa pohon randu pada saat hujan deras melanda.

Musibah itu dialami oleh Arum Khotijah (37) yang rumahnya berada di Desa Campurejo, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Arum Khotijah mengalami kerugian materil jutaan rupiah akibat kejadian itu.

“Kerugian materi sekitar Rp8 juta,” ungkap Kepala Pelaksana Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, Sudarmaji, Senin (15/8/2022).

Sebelum kejadian, hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah setempat. Tiba-tiba saja, sekitar jam 15.30 WIB pohon randu setinggi sekitar 30 meter dengan diameter 60 centimeter roboh lalu menimpa bangunan dapur rumah milik Arum.

Akibat tertimpa pohon, dapur serta peralatan di dalam rumah pun rusak semua. Setelah itu, Arum meminta pertolongan pada warga sekitar dan melaporkan ke BPBD Tuban.

“Penyebab pohon tumbang ini dikarenakan hujan deras disertai angin kencang serta akar pohon yang sudah rapuh. Pohon menimpa rumah warga,” jelas Sudarmaji.

Setelah mendapat laporan, petugas langsung datang ke lokasi kejadian untuk dievakuasi. Beruntung dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa yang meninggal dunia maupun luka karena pemilik rumah tidak berada di sekitar lokasi kejadian.

“Korban jiwa nihil, untuk saat ini pohon yang roboh sudah dievakuasi oleh warga, anggota Tagana, Perangkat Desa dan Trantip kecamatan setempat,” katanya menjelaskan.

Dikatakan Sudarmaji, kerusakan diakibatkan pohon randu tumbang adalah pada bagian dapur ukuran 50 meter persegi dengan bangunan dinding dari bambu. Kemudian, peralatan dapur seperti kompor gas, piring dan peralatan dapur lainnya ikut rusak semua.

“Pada bagian ruang makan dan kamar mandi dengan ukuran 2 X 6 meter dengan bangunan tembok dengan atap genteng juga ikut rusak,” kata Sudarmaji memungkasi.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.