oleh

15.229 Jemaah Haji Jatim Telah Tiba, Masih 10 Persen di Arab Saudi

Surabaya, Jurnal Jatim – Sudah ada 15.229 orang jemaah haji dan petugas tiba di Tanah Air melalui Asrama Haji Debarkasi Surabaya, Jawa Timur. Jumlah itu termasuk jemaah dari kloter 34 yang tiba Selasa sore (9/8/2022).

Debarkasi Surabaya, Jawa Timur mencatat, sudah 90 persen jemaah haji telah kembali ke Tanah Air, dan tinggal 10 persen yang akan pulang ke kampung halaman masing-masing.

“Jemaah dan petugas yang berangkat ke tanah suci ada 16.835 orang dalam 38 kloter. Sudah 90 persen jemaah haji yang kita proses kepulangannya di Asrama Haji Debarkasi Surabaya,” kata Sekretaris PPIH Debarkasi Surabaya, Abdul Haris, Rabu (10/8/2022).

Haris kemudian menambahkan sudah 34 kloter (kelompok terbang) tiba di Asrama Haji Debarkasi Surabaya. Empat kloter lagi yang masih di tanah suci, pemulangannya sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

“Dikurangi 23 orang jemaah yang meninggal, maka ada 1.583 jemaah yang akan berangkat dari Madinah,” ujar Haris.

Menurut Haris, masih ada 2 orang yang sakit dan dirawat di Arab Saudi, yaitu jemaah kloter 9 dari Tulungagung dan jemaah kloter 23 dari Pamekasan.

“Mudah-mudahan dapat segera pulang dan berkumpul kembali bersama keluarganya,” kata Haris

Dan dari pantauan kesehatan jemaah, lanjut Haris, seorang jemaah dari kloter 31 yang sebelumnya di rawat di Rumah Sakit Haji (RS) Surabaya, Jatim sudah pulang (8/8/2022).

Namun masih ada 1 orang dari kloter 33 yang dirawat di RS Haji Surabaya. Sedangkan jemaah terkonfirmasi positif COVID-19 pada kloter 21 sampai kloter 34, tidak ada penambahan jumlah.

“Jadi kepulangan jemaah haji gelombang dua ini, ada 4 orang yang positif COVID-19, yaitu dua orang dari kloter 27, satu orang dari kloter 28, dan satu orang dari kloter 31,” kata Haris memungkasi.

Dapatkan update berita menarik hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news instagram serta twitter Jurnaljatim.com.