oleh

Siswi Madrasah Aliyah di Jombang Terpilih Ikuti Pertukaran Pelajar Ke Hongaria

Jombang, Jurnal Jatim – Kecintaan terhadap bidang bahasa membawa Claresta Earl Hedona Nihar siswi MAN 1 Jombang, Jawa Timur terbang ke salah satu negara di benua Eropa yakni Hongaria pada Agustus nanti.

Senyum terus terkembang dari wajah ceria gadis cantik itu setelah menerima kabar bahagia dari Bina Antarbudaya, organisasi nirlaba, mitra AFS Intercultural Programs Inc sebagai delegasi dari MAN 1 Jombang pada program pertukaran pelajar ke Hongaria.

Program AFS adalah program pertukaran pelajar dengan pilihan negara tujuan dan durasi beragam. Saat ini, AFS menyediakan program ke 40 pilihan negara dengan durasi program tiga bulan (trimester), satu semester dan satu tahun.

Penyelenggara program telah menjadwalkan keberangkatan Claresta Earl Hedona Nihar ke Hongaria 25 Agustus 2022 mendatang. Segala persiapan sejak dini terus dilakukan.

Selama kurang lebih setahun ke depan gadis yang duduk di bangku kelas X Bahasa itu akan menghabiskan waktu pada kegiatan positif dengan delegasi dari negara lainnya.

Jika tidak ada kendala, maka pada tahun berikutnya, 8 Juli 2023 dia akan tiba di tanah air untuk menebar energi positif dari negara Eropa Tengah tersebut.

Proses seleksi yang begitu ketat dimulai dari seleksi berkas, wawancara dan dinamika kelompok semuanya diikuti Claresta dengan niat yang kuat hingga akhirnya Claresta terpilih mengikuti program tersebut.

Bimbingan guru Bahasa Inggris di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jombang khususnya Mrs. Puput turut mewarnai langkahnya hingga menggapai tiket menjadi peserta pertukaran pelajar tersebut.

Keharuan membuncah ketika nama Claresta Earl Hedona Nihar tersematkan dalam daftar peserta program kegiatan tersebut. Claresta pun gembira riang atas capaiannya tersebut.

Kepala MAN 1 Jombang, Erma Rahmawati, menyampaikan kebanggaannya atas capaian peserta didiknya di kancah Internasional. Capaian itu menurutnya sesuai dengan harapan yakni MAN 1 Jombang mendunia.

“Semoga segera hadir generasi cerdas berakhlakul Karimah dari MAN 1 Jombang untuk mengukir prestasi di dunia internasional kembali,” tutur Erma.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news dan akun instagram serta twitter Jurnaljatim.com.