oleh

Jelang Keberangkatan ke Makkah, 266 Calon Haji Nganjuk Jalani Manasik

Nganjuk, Jurnal Jatim – Jamaah calon haji 2022 asal Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur mulai menjalani bimbingan manasik pada Senin (23/5/2022). Jumlah jamaah calon haji (JCH) yang akan berangkat ke tanah suci di tahun ini sebanyak 266 dan 4 calon petugas yang menyertai.

Ratusan orang yang sudah siap berangkat menunaikan rukun islam kelima di tanah suci mekkah tahun 1443 hijrah mengikuti bimbingan manasik haji massal di Aula MAN 2 Nganjuk, Jatim yang dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Nganjuk, Moh.Yasin.

Hadir kegiatan tersebut, yakni Kepala Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Nganjuk Samsul Huda, Kepala Kantor Kementrian Agama (Kankemenag) Kabupaten Nganjuk Mohamad Afif Fauzi dan Kepala Seksi PHU Kantor Kemenag Nganjuk.

Kasi PHU Kantor Kemenag Nganjuk, Zainal Abidin Hanif Komaluddin mengungkapkan, mabasik haji itu bertujuan agar calon haji memiliki bekal kemampuan dan pemahaman mengenai manasik haji yang utuh.

“Agar calon haji mempunyai bekal sejak dari dan kembali ke tanah air,” kata Zainal, Selasa (24/5/2022).

Perlu diketahui, manasik haji dilaksanakan enam kali. Dua kali di Kabupaten, kemudian mabasik juga akan dilaksanakan pada setiap KUA. Dengan terbagi di KUA Kecamatan Berbek, Kecamatan Nganjuk, Kecamatan Tanjunganom dan Kecamatan Kertosono.

Sekda Yasin menyampaikan terima kasih kepada para jamaah calon haji yang telah hadir mengikuti manasik haji. Yasin juga mendoakan para calon haji diberikan kemudahan dan kelancaran oleh Allah SWT saat menunaikan ibadah haji di tanah suci makkah.

“Mudah mudahan semuanya diberi kemudahan, kelancaran oleh Allah SWT dan dengan selalu diberikan barakah,” katanya.

Tidak lupa, dalam sambutannya, Yasin juga mengajak kepada jamaah calon haji untuk selalu bersyukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT. Yasin juga berpesan kepada para calon haji agar selalu taat di dalam rombongan ketika berada di tanah suci.

“Jangan merasa takut di tanah suci, selalu berupaya dan berdoa, mudah mudahan selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT untuk bisa menjalankan kewajiban ibadah haji,” ujarnya.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news dan akun  instagram Jurnaljatim.com.