oleh

Gelar Purnawiyata 3 Hari, Kepala SMKN 1 Jombang Bangga Lepas 600 Siswa

Jombang, Jurnal Jatim – Prosesi purnawiyata siswa SMK Negeri 1 Jombang, Jawa Timur, digelar di aula sekolah setempat pada Rabu (25/5/2022). Ratusan siswa dari 6 jurusan yang telah menyelesaikan pendidikan resmi dilepas.

Tahun ini, tema purnawiyata SMK Negeri 1 Jombang kelas XII tahun pelajaran 2021/2022 Asah Tinta Akhir Kisah Terindah Kita. Hadir kepala sekolah, guru, komite dan wali murid.

Kepala SMK Negeri 1 Jombang, Supriyadi mengungkapkan ada sebanyak 600 siswa dari 6 jurusan yang dilepas di tahun 2022 ini.

Keenam jurusan yakni akuntansi keuangan dan lembaga, multimedia, bisnis daring dan pemasaran, perbankan keuangan mikro, Kompetensi keahlian perhotelan, otomatisasi dan tata kelola perkantoran.

“Dikarenakan jumlah siswa purnawiyata ada sekitar kurang lebih 600 orang siswa, maka purnawiyata di SMK Negeri 1 Jombang diadakan selama 3 hari, jadi per hari ada 2 jurusan yang mengikuti,” kata Supriyadi.

Pada hari ketiga, disebut Supriyadi, yang mengikuti proses purnawiyata adalah siswa jurusan multimedia serta jurusan bisnis daring dan pemasaran.

“Meskipun COVID-19 di Kabupaten Jombang saat ini sudah menurun, tetapi semua yang mengikuti tetap harus menjaga protokol kesehatan guna mencegah penularan,” ujar Supriyadi.

Supriyadi mengaku bangga pada siswa-siswi SMKN 1 Jombang yang banyak meraih prestasi. Ia juga bangga melepas siswanya dengan keadaan sehat, punya karakter yang baik serta berprestasi.

“Kami guru-guru SMK Negeri 1 Jombang semuanya tidak mau ada orang mencibir, tidak mau jika siswa siswa SMK Negeri 1 Jombang direndahkan,” katanya.

“Walaupun ada keterbatasan dalam segala keterbatasan belajar tetapi siswa siswi bisa maksimal untuk menambah keterampilan, kemampuan dan prestasi,” Lanjutnya

Oleh karena itu, Supriyadi yakin semua siswa dan siswinya sudah siap menyongsong masa depan dan kelak dikemudian hari bisa sukses dan menghadapi kehidupan dengan mandiri.

Supriyadi juga memberikan motivasi pada siswa siswi yang lulus, untuk bisa mencapai yang di cita-citakan. Menghargai diri sendiri dan percaya diri. Jika memiliki kemampuan, keterampilan, dan pengetahuan yang cukup sehingga dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan.

“Sampai kapanpun kalian adalah bagian dari SMK Negeri 1 Jombang, kalian sukses kami akan bangga. Dan saya minta tolong jaga dan hargai nama SMK Negeri 1 Jombang. Tidak ada namanya mantan guru, maka hargai dan manfaatkan lah ilmu yang sudah diberikan oleh guru kalian,” pesan Supriyadi kepada anak didiknya yang dilepas.

Ia melanjutkan, apabila ilmu yang diberikan dimanfaatkan dengan baik, maka guru akan menjadi lebih merasa bangga karena sampai kapanpun guru akan tetap menjadi guru.

“Tingkatkan nilai pribadi kalian dan buktikan bahwa kalian anak anak yang berkualitas dan berkelas,” pungkasnya.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news dan akun  instagram Jurnaljatim.com.