oleh

PMI Jombang Beri Paket Sembako Bagi Pendonor Selama Ramadan 2022

Jombang, Jurnal Jatim Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jombang, Jawa Timur memberikan paket sembako kepada para pendonor selama bulan suci Ramadan 2022 di kantor PMI setempat.

“Program pemberian paket sembako bagi 40 pendonor pertama di bulan Ramadan mulai 3 April 2022,” kata kepala bagian medis UTD PMI Jombang, Rahmad Siswojo, dikonfirmasi, Minggu (10/4/2022).

Paket sembako yang diberikan selama bulan Ramadan itu sebagai stimulus (rangsangan) untuk mendatangkan pendonor di kantor PMI Jombang, Jalan Adityawarman, Kelurahan Kepanjen buka setiap hari pukul 08.00-20.00 WIB.

Masyarakat yang hendak mendonorkan darahnya saat puasa untuk tidak perlu takut, sebab sebelum melakukan donor itu bisa mempersiapkan beberapa tahapan terlebih dahulu.

Seperti mempersiapkan kondisi fisik dan bersahur dengan asupan makanan minuman yang baik. Kemudian, pilih waktu tepat pendonoran, seperti menjelang berpuka puasa atau setelah berbuka puasa agar kondisi badan kembali pulih.

“Ayo donor sedekah darah agar ibadah di bulan Ramadan ini jadi lebih berkah,” ajak Siswojo.

Siswojo memastikan persediaan darah PMI Jombang mencukupi hingga Idulfitri 1443 Hijriah karena selama dua bulan terakhir telah melakukan sejumlah upaya untuk menghimpun darah dari berbagai kalangan masyarakat.

“Jumlah kantong darah yang tersedia hingga 9 April sebanyak 748 kantong, yang terdiri dari semua jenis golongan darah,” katanya.

Adapun rincian jumlah stok tersisa golongan darah A sebanyak 272 labu, B 262 labu, AB 62 labu dan O 153 labu. Meski stok darah aman, PMI Jombang tidak akan berhenti dan tetap berupaya mengajak masyarakat untuk donor darah.

Menurut Siswojo, permintaan darah tidak hanya dari Jombang, akan tetapi juga dari luar daerah. Pihaknya tidak bisa menolak permintaan itu atas dasar kemanusiaan.

“Siapapun yang meminta, tidak bisa kita tolak. Sekarang yang terpenting kebutuhan stok darah,” katanya menandaskan.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di Google News.