oleh

Inilah Kegiatan Kunjungan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Magetan

Magetan, Jawa Timur Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo berkunjung ke Magetan, Jawa Timur, Sabtu (16 04/2022). Ganjar mengunjungi shelter workshop peduli Sambung Roso di Desa Simbatan, Kecamatan Nguntoronadi, Magetan.

Di sana, Ganjar Pranowo melihat langsung proses produksi Batik khas Magetan, yakni batik ciprat Simbatan handmade yang diproduksi oleh penyandang disabilitas. Batik Ciprat yang dikerjakan para difabel desa itu dulunya belajar di Temanggung, Jateng.

Dengan gaya khas yang santai dan humoris, Ganjar Pranowo berdiskusi dan bersenda gurau dengan penyandang disabilitas yang sedang memproduksi batik ciprat. Bahkan ia turut mencoba praktik membuat motif batik ciprat.

Ganjar Pranowo sangat mengapresiasi para perajin batik yang sangat mandiri bahkan di antara mereka ada yang menjadi tulang punggung bagi keluarganya.

”Kita senang ya, ternyata pernah ada kerja sama dengan Jawa Tengah sejak tahun 2014 dan hasilnya bagus. Kita senang melihat anak-anak makin mandiri, bahkan ada yang jadi tulang punggung keluarga,” katanya.

“Ini target yang diinginkan  tercapai, sesuai kebijakan Bupati Magetan, bahwa wajib mengenakan batik khas Magetan Kamis sampai Jumat,”  Ganjar melanjutkan.

Menurut Ganjar Pranowo, hal itu merupakan cara-cara yang sangat implementatif, konkrit, berinovasi dan menghasilkan.

”Tidak usah muluk-muluk, yang penting konkrit, ril seperti ini, mereka membuat, diajari, jadi, kemudian dibeli. Offtaker nya adalah dari pemerintah,” ujarnya.

Berdasar informasi yang dihimpun, orang nomor satu di Jateng tersebut sebelumnya menginap dan bermalam di salah satu hotel di Telaga Sarangan. Setelah itu berkunjung di kerajinan batik di desa Simbatan, Kecamatan Nguntoronadi, Magetan.

Kunjungan Gubernur Jawa Tengah tersebut disambut oleh Bupati Magetan Suprawoto bersama Camat, Kepala Desa setempat, dan Kepala OPD terkait. Kunjungan Ganjar itu disebutnya tidak ada kaitan dengan pemilu 2024 mendatang.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di google news dan akun instagram Jurnaljatim.com