oleh

Vaksinasi Upaya Lapas Jombang Capai Herd Immunity Warga Binaan

Jombang, Jurnal Jatim – Sebagai bentuk pelayanan terhadap hak kesehatan dan demi menciptakan kekebalan kelompok (herd imunity) pada warga binaan pemasyarakatan (WBP), Lapas Jombang Kanwil Kemenkumham Jawa Timur melaksanakan vaksinasi COVID-19, Kamis (17/3/2022).

Vaksinasi bagi warga binaan tersebut dilaksanakan di aula lapas setmpat. Ada sebanyak 83 orang WBP yang menerima penyuntikan vaksin COVID-19 dosis ketiga atau booster dan sebanyak 37 orang mendapatkan suntikan vaksin dosis 1.

Kepala Lapas Jombang, Mahendra Sulaksana mengungkapkan, selama Pandemi COVID-19, kegiatan vaksinasi di Lapas sudah sering dilaksanakan, vaksinasi dilaksanakan dengan kerja sama Puskesmas Jelakombo Jombang.

“Sebelum dilakukan penyuntikan vaksin COVID-19, WBP harus menjalani sejumlah pengecekan kesehatan tubuh untuk memastikan yang bersangkutan aman untuk divaksin,” ungka Kalapas Jombang Mahendra Sulaksana dalam keterangan tertulis yang diterima Jurnaljatim.com.

Mahendra menjelaskan kegiatan vaksinasi dilaksanakan untuk mendukung program pemerintah dalam percepatan vaksinasi COVID- 19 guna mencegah penyebaran virus corona varian omicron di dalam Lapas.

“Dengan jumlah WBP yang hampir 1000 orang tentunya pelaksanaan vaksin COVID-19 harus dilaksanakan untuk menciptakan herd imunity,” kata Mahendra.

Mahendra menambahkan, walaupun sudah divaksinasi lengkap dan ditambah booster, protokol kesehatan tetap wajib dilaksanakan di lingkungan lapas setempat karena pandemi masih belum berlalu.

“Saya minta kepada seluruh WBP dan petugas untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, karena vaksin bukan berarti kebal, tetapi untuk mencegah gejala berat,” kata Mahendra.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di Google News.