oleh

Porseni MA Tingkat Jatim di Jombang Wujudkan Panca Prestasi Madrasah

Jombang , Jurnal Jatim – Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Madrasah Aliyah (MA) Tingkat Provinsi Jawa Timur digelar di GOR Merdeka Jombang. Porseni MA resmi dibuka oleh Kakanwil Kemenag Jatim Husnul Maram dan Bupati Jombang Mundjidah Wahab, Sabtu (26/3/22).

Acara pembukaan yang digelar meriah itu dihadiri Kepala Kantor Kemenag, Kepala Bidang, Kasi Pendidikan Madrasah se-Jawa Timur serta jajaran Forum Pimpinan Daerah Kabupaten Jombang dan seluruh kontingen.

Kepala Kemenag Jatim Husnul Maram mengatakan, Kemenag telah mencanangkan Panca Prestasi Madrasah sebagai strategi peningkatan mutu pendidikan di madrasah.

“Panca Prestasi Madrasah harus menjadi trademark dan budaya mutu madrasah, sehingga madrasah akan Unggul sebagai alternatif pendidikan ideal yang memadukan Imtaq dan Iptek,” ujarnya.

Dikatakan dia, Panca Prestasi Madrasah itu antara lain prestasi akhlaq mulia, prestasi ilmu keagamaan, prestasi sains dan teknologi, prestasi bahasa dan budaya, dan prestasi olah raga dan seni. Hal itulah yang mendasari digelarnya Porseni.

Lebih lanjut Kakanwil berpesan kepada seluruh kontingen agar menjaga sportivitas dalam kompetisi.

“Kepada anak-anakku peserta Porseni, bertandinglah secara sportif, taatilah tata tertib dan aturan main, kalah dan menang itu soal biasa, ingatlah kalian adalah para juara walau di tingkat Kabupaten/Kota, sekali juara tetap juara, kalian adalah anak-anak yang hebat, anak-anak yang luar biasa,” kata di berpesan.

Sementara itu, Bupati Jombang Mundjidah Wahab menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh rombongan kontingen peserta Porseni MA Tingkat Provinsi Jawa Timur di Kota Santri Jombang.

Ia juga menyambut baik kegiatan Porseni yang merupakan langkah strategis dalam peningkatan pengembangan olahraga dan seni.

“Selaku Pemerintah Kabupaten Jombang, saya sangat menyambut baik dan positif kegiatan Porseni Madrasah Aliyah Tingkat Provinsi Jawa Timur sebagai langkah awal dan strategis mendorong peningkatan pengembangan olah raga dan seni di Provinsi Jawa Timur khususnya,” ungkap Mundjidah.

Pembukaan secara resmi Porseni MA yang berlangsung di Jombang mulai 25 – 27 Maret tersebut ditandai dengan pemukulan beduk oleh Bupati Jombang dan penyulutan obor oleh Kakanwil didampingi Kepala Kemenag Jombang, Kabid Pendma, dan jajaran pimpinan lainnya.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di Google News