oleh

Penghafal Alquran di Jombang Mendapat Bantuan Intensif

Jombang, Jurnal Jatim – Pemerintah Kabupaten Jombang, Jawa Timur setiap tahun selalu berupaya memberikan bisyaroh alias insentif kepada para huffadz atau penghafal quran. Intensif itu sebagai bentuk apresiasi dan wujud kepedulian pemerintah setempat.

Hal tersebut disampaikan Bupati Mundjidah Wahab saat doa bersama khotmil quran dan sosialisasi kepada Huffadz serta para koordinator Huffadz se- Kabupaten Jombang  di pendopo kabupaten setempat, pada Senin (21/3/2022).

”Mudah-mudahan kegiatan yang disertai dengan niat ikhlas senantiasa akan dicatat sebagai amal saleh dan menjadi lahan ibadah, sehingga insyaallah kita semuanya akan mendapatkan pahala dari Allah SWT,’’ katanya.

Disampaikan Mundjidah, kegiatan itu rutin dilaksanakan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan para Huffadz, walaupun nilainya mungkin sangat tidak sebanding dengan kerja keras dan amal bakti para Huffadz selama ini.

“Bantuan insentif Huffadz ini hendaknya dapat dimaknai sebagai sebuah bentuk perhatian agar Pemkab Jombang juga agar mendapat berkahnya Al Quran dan penjenengan semua dimuliakan Allah SWT,’’ tuturnya.

Lebih lanjut Mundjidah mengemukakan, Pemkab Jombang akan terus berupaya agar setiap tahun anggaran dapat mengalokasikan bantuan insentif untuk para penghafal quran di kabupaten setempat.

Selain itu juga akan diusahakan ditingkatkan nominalnya dan jumlah penerimanya, namun dengan tetap mempertimbangkan skala prioritas pembangunan bidang keagamaan secara keseluruhan maupun akselerasi pembangunan pada bidang dan sektor lainnya.

”Bagi para Huffadz yang belum mendapatkan insentif, khususnya yang telah diusulkan melalui Kecamatan maupun yang mengajukan proposal permohonan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten, akan diupayakan mendapatkan bantuan yang sama pada tahun anggaran berikutnya. Dengan melihat dan mempertimbangkan eksistensi para Huffadz,’’ ujarnya.

Mundjidah juga mengajak para Huffadz agar dapat mengamalkan ilmunya di masyarakat. Para Huffadz dianjurkan untuk berperan aktif menjadi imam salat Idulfitri maupun Iduladha di setiap desa.

Selain itu, para huffadz diharapkan dapat turut mencetak generasi hafiz hafizah atau penghafal alquran di setiap desa guna mewujudkan Masyarakat Jombang yang Berkarakter dan Berdaya Saing. (*)

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di Google News.