oleh

Pedagang Pasar Desa di Jombang Gelar Selamatan Kelancaran Usaha

Jombang, Jurnal Jatim- Para Pedagang Pasar Desa Menganto, Kecamatan Mojowarno, Jombang, Jawa Timur menggelar doa dan selamatan tumpeng memohon kelancaran usahanya, Jumat (25/2/2022).

Selain itu, selamatan berupa tumpeng wujud syukur serta memohon agar kondisi ekonomi terutama aktivitas jual beli di pasar tradisional tersebut dapat kembali pulih.

Tasyakuran itu disajikan hidangan kuliner berupa tumpeng nasi putih dan gudangan yang terdiri dari kacang panjang, sambal parutan kelapa, kemangi, dan timun. Tumpeng itu kemudian dibagian kepada pedagang di pasar tersebut.

Menurut keterangan koordinator paguyuban pedagang pasar Menganto, Fatik, tumpengan sebagai bentuk syukur dari para pedagang kepada Allah SWT.

“Juga sekaligus berdoa supaya terhindar dari segala penyakit serta para pedagang di sini dilancarkan dalam rezekinya,” kata Fatik.

Ia menyebut, di masa pandemi COVID-19 ini, Fatik berharap pedagang tetap melakukan aktivitas jual-beli sebagaimana mestinya namun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari penularan COVID-19.

Sementara itu, kepala Desa Menganto, Yunus Ardiansyah mengungkapkan, tumpengan itu rutin dilaksanakan tiap Jumat pahing yang sudah ada sejak zaman dahulu kala. Ia menyebut, tujuannya sebagai rasa syukur sekaligus memohon kepada Allah SWT agar diberikan kelancaran dan pasar ramai.

“Digelarnya acara tasyakuran setiap Jumat Pahing harapanya kondisi ekonomi terutama aktivitas jual beli di pasar tradisional inidapat kembali pulih,” ujarnya.

Diakuinya, kondisi pasar Menganto saat ini masih belum tertata dengan rapi. Piihaknya pun akan melakukan penataan ulang pasar agar bersih, indah dan rapi supaya pedagang maupun pembeli di pasar tradisional menjadi nyaman.

“Untuk pembenahan dan penataan pasar menganto tidak mungkin kita ambilkan dari anggaran Desa Berharap pemerintah Kabupaten Jombang memberikan Bantuan buat pasar menganto biar tertata rapi dan indah,” pungkasnya.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di Google News.