Pasien COVID-19 Meninggal di Tuban Belum Divaksin dan Miliki Komorbid

Tuban, Jurnal Jatim– Satgas Penanganan dan Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Tuban menyebutkan pasien meninggal dunia akibat infeksi Virus Corona kembali bertambah. Kali ini, seorang ibu rumah tangga berinisial H (41), yang tinggal di Kecamatan Kota Tuban.

Pasien perempuan tersebut menghembuskan napas terakhirnya dalam perawatan medis di RSUD dr Koesma Tuban akibat terpapar virus corona, Sabtu (26/2/2022).

Ibu rumah tangga tersebut selama ini tercatat memiliki penyakit penyerta atau komorbid ginjal sehingga belum pernah mendapatkan suntikan vaksin COVID-19.

“Satu pasien meninggal dunia di RSUD dr. R Koesma Tuban. Pasien ini memilik komorbid ginjal, belum vaksin sama sekali karena sakit ginjal,” kata Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB Tuban, dr. Bambang Priyo Utomo, Minggu (27/2/2022).

Selain itu, dr. Bambang panggilan akrabnya menjelaskan perkembangan angka kasus di Kabupaten Tuban masih kembali mengalami peningkatan dan masyarakat diminta untuk mewaspadai.

Ia menyebut, Pada Sabtu (26/2/2022) terdapat penambahan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 45 orang dengan rincian kasus domisili Tuban ada 13 orang, dan kasus domisili luar Tuban 32 orang.

Meskipun ada penambahan, Bambang juga menerangkan bahwa pasien yang sembuh dari COVID-19 juga bertambah 56 orang. Dari penambahan itu total kumulatif yang terpapar virus corona di Kabupaten Tuban tembus mencapai 8567 orang. Rinciannya, confirm sembuh 7489 orang, meninggal 934 orang, dan masih di rawat atau di pantau 144 orang.

“Jumlah yang dirawat atau dipantau itu dengan rincian menjalin isolasi terpadu (Isoter) sebanyak 107 orang, dirawat di RSUD dr Koesma Tuban 16 pasien, dan rumah sakit luar Tuban ada 21 orang,” tegas Bambang.

Bambang menegaskan, Satgas COVID-19 di Tuban terus mengimbau masyarakat yang sudah divaksin untuk tetap mematuhi prokes sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus corona.

Di antaranya, selalu memakai masker setiap aktivitas di luar rumah, menjaga jarak, tidak berkerumun, menghindari kerumunan serta mengurangi mobilitas bepergian.

“Jangan lupa tetap disiplin prokes dimanapun berada agar terhindar dari penularan COVID-19,” pungkas Bambang.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow jurnaljatim.com di Google News