Emak-emak di Plosokerep Jombang Dilatih Mengolah Hasil Sayuran

Jombang, Jurnal Jatim – Sejumlah emak-emak yang tergabung dalam Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) di Jombang dilatih mengolah hasil sayuran untuk menambah imunitas di masa pandemi COVID-19.

Pelatihan yang diikuti ibu-ibu TP PKK dari Desa Plosokerep, itu tujuannya untuk meningkatkan kemampuan dalam pengolahan hasil sayuran. Pelatihan dipusatkan di balai desa setempat, Kamis (24/2/2022).

Plosokerep Bambang Hermanto mengatakan pelatihan pengolahan hasil hidroponik itu untuk bisa dijadikan sebagai upaya .

“Pelatihan ini menambah kegiatan ibu-ibu terutama dalam memanfaatkan lahan pekarangan dan bisa menambah produk olahan sayuran yang dapat meningkatkan desa,” katanya.

Ketua TP PKK Kabupaten Jombang, Wiwin Sumrambah mengungkapkan pelatihan itu merupakan tim penggerak PKK Kabupaten Jombang bidang pangan, sandang dan papan.

Pelaksanaan program kerja tim penggerak PKK Jombang biasanya hanya dilaksanakan di Kabupaten, dan kini diterapkan di desa-desa sesuai dengan kebutuhan Desa terdekat.

“Sesuai program pelatihan pengolahan hasil untuk digunakan sebagai perangsang tim penggerak PKK di desa agar mampu membuat program kerja sendiri nantinya,” katanya.

Wiwin mengungkapkan, sampai saat ini tim penggerak PKK Desa masih belum mampu membuat program yang benar-benar lahir dari pemberdayaan sekaligus jawaban atas permasalahan yang ada di desa.

“Pendamping Desa dibantu juga pengurus tim penggerak PKK Kecamatan turun menjadi pendamping desa agar mampu Mandiri,” kata istri Wakil Sumrambah tersebut.

Wiwin menambahkan, imunitas tidak hanya sekedar untuk tahan tubuh dari COVID-19, tapi juga ke dan penyakit-penyakit lainnya seperti penyakit demam berdarah atau apapun yang berhubungan dengan daya ketahanan tubuh itu.

harus terus intensitas, tidak berbicara tentang konsep setiap tahun harusnya ada referensi seperti ini juga,” kata Wiwin.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow  jurnaljatim.com di Google News.