oleh

Cuaca Ekstrem Dampak La Nina Akibatkan Bencana Alam di Jombang

Jombang, Jurnal Jatim – Masyarakat di Kabupaten Jombang, Jawa Timur agar mewaspadai cuaca ekstrem yang bisa terjadi beberapa pekan terakhir dampak dari masih terjadinya La Nina di Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Salah satu dampak cuaca ekstrem yang sudah terjadi di Jombang yakni terjadinya bencana angin puting beliung di dua desa wilayah Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang, pada Senin lalu, (11/1/2022).

Peristiwa bencana alam mengakibatkan sejumlah pohon tumbang dan 31 rumah milik warga mengalami kerusakan ringan dan sedang. Rinciannya 1 rumah warga Desa Sumbersari dan 30 rumah warga Desa Ngogri, Kecamatan Megaluh.

“Parahnya, sekarang sedang ada La Nina di Samudra Hindia Pasifik yang masih belum terkendali sampai sekarang,” kata Stevie Maria, Supervisor Pusdalops BPBD Kabupaten Jombang, Kamis (13/1/2022).

Pria yang akrab disapa Peppy menyebut, La Nina yang sedang terjadi di Samudera Hindia dan Samudera Pasifik memberikan dampak terjadinya cuaca ekstrem di kabupaten setempat.

“Sampai akhir Februari 2022. Sehingga masih dimungkinkan terjadi angin kencang, hujan deras, puting beliung, banjir, dan yang lain. Yang diakumulasi dengan penyebutan bencana hidrometeorologi,” katanya menjelaskan.

Lebih lanjut Peppy menjelaskan, selain itu BPBD Jombang juga mengimbau agar masyarakat Kabupaten Jombang untuk mengenali dengan benar perubahan cuaca.

“Jadi ketika siang panas, tapi tiba-tiba ada perubahan ke mendung dan pada saat mendung ‘sumuk’, kondisi-kondisi seperti itu yang berpotensi terjadi angin kencang maupun puting beliung,” kata Peppy.

“Siapkan tas paket darurat bencana ketika terjadi kejadian yang tidak kita inginkan,” saran dia melanjutkan.

Peppy juga menyampaikan, jika terjadi bencana dengan cuaca yang ekstrem, agar masyarakat segera menghubungi Pusdalops BPBD Jombang untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Kapolsek Megaluh, AKP Soesilo juga mengimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati dan waspada ketika hujan lebat turun. Ia juga meminta untuk segera melapor bila ada kejadian bencana alam.

“Imbauan kepada warga setempat agar waspada terhadap bencana yang terjadi akibat curah hujan tinggi dan segera melaporkan bila ada kejadian terkait dg bencana kepada tiga pilar agar mendapatkan penanganan segera,” ujar Susilo.

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow Jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Azriel