oleh

Donasi Korban Erupsi Semeru di Jombang Bonus Salak dan Tomat Supiturang

Jombang, Jurnal Jatim – Ada yang beda dalam penggalangan donasi korban erupsi gunung semeru yang dilakukan Baznas Jombang, Jawa Timur. Yakni, warga yang berdonasi mendapat salak dan tomat secara cuma-cuma.

Buah salak dan tomat yang diberikan itu oleh-oleh dari Dusun Sumbersari, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang yang merupakan salah satu lokasi terdampak letusan Gunung Semeru, Sabtu (4/12/2021) lalu.

“Kita beli di sana, di bawa pulang ke Jombang. Di Jombang dijual dengan tagline ambil sepuasnya, bayar se-ikhlasnya,” ungkap Wakil Ketua IV Baznas Jombang, Sugeng Santoso, Selasa (14/12/2021).

Sugeng mengatalan, saat itu tim relawan dari Baznas Jombang tiba dari Lumajang membawa 1,3 ton salak dan 3 karung tomat yang gagal panen akibat erupsi semeru.

“Kita memberitahu kepada masyarakat bahwa di Lumajang tempatnya bencana, banyak hasil pertanian yang siap panen, namun gak bisa panen karena adanya Erupsi Gunung Semeru,” ujarnya.

Kemudian para relawan Baznas Jombang yang ke lokasi bencana membeli hasil pertanian berupa Salak dan Tomat untuk dibawa ke Jombang.

“Akhirnya para pimpinan sepakat untuk membeli hasil pertanian di sana, karena sampai 5 hari kemarin, di sana belum bisa menjual hasil kebunnya. Khususnya yang paling banyak yaitu salak, tomat dan cabai merah,” beber dia.

Dikatakan Sugeng Santoso, hasil dari donasi warga tersebut seluruhnya akan dikirim kembali ke Lumajang untuk membantu para korban erupsi Semeru.

“Ada koordinasi Baznas secara nasional yang dikoordinir oleh pusat, Jawa Timur, dan nanti ada pos khusus yang ada di Lumajang, Hasilnya dapat berapa saja nanti kami serahkan,” tandasnya.

 

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow Jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Azriel