oleh

BIN Jatim Gencarkan Vaksinasi di Jombang untuk Percepat Herd Immunity

Jombang, Jurnal Jatim – Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Jawa Timur (Jatim) terus melaksanakan vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Jombang untuk membantu pemerintah dalam percepatan vaksinasi guna menciptakan kekebalan kelompok atau herd immunity.

Vaksinasi COVID-19, Rabu (14/12/2021), menyasar ratusan warga di sejumlah wilayah. Di antaranya Sendangrejo, Desa Banjardowo, Jombang; Puskesmas Jelakombo, Jombang; Puskesmas Pulo Lor, Jombang. Kemudian Puskesmas Gambiran, Mojoagung, Puskesmas Perak, Puskesmas Bandarkedungmulyo, dan di Pondok Pesantren Kiai Mojo Tembelang.

Dari seluruh vaksinasi tersebut, BIN Jatim menargetkan 1950 dosis vaksin. Vaksinasi COVID-19 berlangsung dengan menerapkan prorokol kesehatan ketat guna mencegah penularan COVID-19.

Untuk vaksinasi di Dusun Sendangrejo, Desa Banjardowo, Kecamatan Jombang, BIN Jawa timur menargetkan 600 dosis vaksin COVID-19. Jenis vaksin yang digunakan Sinovac dan AstraZeneca.

Terpantau warga sangat antusias untuk mengikuti vaksinasi. Mereka mayoritas mengikuti vaksinasi dosis kedua.

Setidaknya terdapat 9 orang Tenaga Kesehatan (Nakes) dari Puskesmas Pulo Lor, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang yang terlibat pada kegiatan vaksinasi di Dusun Sendangrejo itu.

Dengan didampingi petugas dari BIN Daerah Jatim dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) serta Kepala Dusun setempat, vaksinasi berjalan tertib dan lancar.

“Warga saya di Dusun Sendangrejo memang antusias menjalani vaksinasi dari Puskesmas Pulo Lor Jombang bersama BIN, biar tubuh menjadi sehat,” kata Kepala Dusun Sendangrejo, Rokim (42), usai vaksinasi, Rabu (15/12/2021).

Menurut Rokim, rata-rata warga yang datang untuk mengikuti vaksinasi dosis dua jenisnya AstraZeneca. Pun begitu, petugas juga melayani warga yang belum pernah disuntik vaksin COVID-19.

“Dengan adanya vaksinasi dari BIN dan pihak-pihak terkait ini, capaian vaksinasi COVID-19 di Dusun Sendangrejo makin maksimal,” ujarnya.

Warga setempat bernama Munidi (45) menuturkan, dirinya datang ke lokasi untuk menjalani vaksinasi COVID-19 dosis kedua. Munidi menyebut, vaksinasi sangat penting untuk menjaga kondisi kesehatan tubuhnya.

“Menjaga agar penyakit nggak masuk, menjaga daya tahan tubuh,” tuturnya.

Seperti halnya Munidi, warga lainnya, Karlik (40) mengatakan, dirinya juga memanfaatkan kegiatan vaksinasi yang digelar oleh BIN ini untuk dosis yang kedua.

“Biar sehat, biar tidak ada penyakit. Ini saya vaksin dosis kedua,” pungkasnya.

 

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow Jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Hafid