oleh

Angin Puting Beliung Rusak Sejumlah Rumah Warga di Sumobito Jombang

Jombang, Jurnal Jatim – Sejumlah rumah warga di Dusun Ngumpak Wetan, Desa Gedangan, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, Jawa Timur rusak akibat diterjang angin puting beliung, Minggu sore (12/4/2021). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Informasi yang didapat menyebutkan, ada empat rumah warga setempat yang mengalami kerusakan. Beberapa rumah mengalami rusak ringan, sebagian lagi rusak sedang.

Kerusakan sejumlah rumah itu di bagian atap. Satu di antaranya bagian atapnya mengalami kerusakan sekitar 50 persen, sehingga pemilik rumah sementara waktu tidak menempati rumahnya pada malam hari.

“Malam ini (rumah) gak bisa ditempati, rencana ikut rumah saudara,” kata pemilik rumah, Laemo (52) saat ditemui wartawan usai kejadian angin kencang.

Laemo mengungkapkan, kejadian angin puting beliung tersebut berlangsung tidak begitu lama. Hembusan angin bersamaan hujan dalam waktu singkat langsung merusak bangunan rumah.

“Hujan langsung angin muter (berputar), sekitar jam 3 (sore). Sekitar sini ada 4 rumah yang rusak, yang terparah milik saya. Atapnya rusak, bagian dapur juga atapnya, atap-atap kamar ya sama (rusak), pecah-pecah,” ungkapnya.

Angin Puting Beliung Rusak Sejumlah Rumah Warga di Sumobito Jombang

Sementara, angin puting beliung juga terjadi di Desa Kedungmlati, Kecamatan Kesamben yang berada di utara Desa Gedangan, Kecamatan Sumobito. Satu rumah warga diketahui mengalami kerusakan pada bagian atapnya.

Petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur (Jatim), Ari Ridayanto saat berada di lokasi mengatakan, dirinya datang ke lokasi untuk melakukan asesmen dalam rangka melengkapi data kerusakan akibat puting beliung tersebut.

“Karena informasi yang masuk tadi, angin kencang terjadi di Dusun Ngumpak, Desa Gedangan sekitar pukul 3 sore tadi dan menerjang 4 rumah warga, yang paling parah cuma 1 yang atapnya terbang,” kata Ari kepada wartawan.

Menurut Ari, dari data yang masuk ke pihaknya, terdapat empat rumah warga Desa Gedangan yang rusak, berkategori rusak ringan dan sedang. Penanganan untuk sementara kebutuhan warga yang mendesak yakni terpal.

“Kami menyediakan terpal, dan mungkin nanti dikirim setelahnya. Terpal untuk menutupi asbes yang terbang tadi,” kata dia.

 

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow Jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Hafid