oleh

Aksi Balap Liar Menutup Jalan Soekarno Hatta Tuban Mengganggu Warga

Tuban, Jurnal Jatim – Video aksi balap liar di Tuban, Jawa Timur tersebar secara berantai di grup WhatsApp. Video tersebut menampilkan 2 remaja tengah asyik menjadi joki balap liar sepeda motor di jalan raya Soekarno Hatta, Kelurahan Mondokan, Kecamatan Kota Tuban, Kabupaten Tuban.

Pada rekaman video berdurasi 10 detik tersebut, terlihat dua remaja tanpa mengenakan helm melakukan balap liar pada siang bolong dengan cara memblokir jalan raya di lokasi kejadian.

Di ruas jalan nasional yang ditutup itu juga terlihat antrean truk dan kendaraan lain serta terdengar bunyi klakson berulang kali dari dua joki balap liar itu. Kemudian dua remaja yang sudah berada diatas motornya memacu gas start balap liar di tengah jalan.

Selain itu, dalam video itu juga terlihat ratusan orang berkerumun di kedua ruas jalan dengan mengabaikan prokes. Mereka begitu asyik melihat dan mendokumentasikan aksi balap sepeda motor.

Hingga saat ini belum diketahui identitas dua remaja yang menjadi joki balap liar tersebut. Namun begitu, pihak kepolisian bakal menindak tegas para pelaku balap liar yang sering meresahkan masyarakat dan pengguna jalan.

“Kita akan melakukan tindakan tegas terhadap pelaku balap liar,” kata Kapolres Tuban AKBP Darman merespon masih adanya balap liar di wilayah hukum Tuban, Selasa (21/12/2021).

Tindakan tegas yang dilakukan salah satunya dengan menyita sepeda motor yang digunakan untuk balap liar di jalan raya. Selain itu, mereka yang terlibat balap liar akan diminta membuat surat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatannya.

“Tindakan tegas yang kita lakukan akan menyita motornya. Kita akan buatkan berita acara agar tidak mengulangi lagi,” ujarnya.

Kapolres menegaskan dirinya itu telah memerintahkan Kasatlantas dan Polsek jajaran untuk melalukan patroli rutin sebagai antisipasi balapan liar jelang perayaan natal dan malam tahun baru. Patroli dilakukan di sejumlah titik yang rawan digunakan aksi balap liar.

“Terkait balap liar, saya sudah sampaikan ke kasat lantas dan kapolsek setempat untuk melakukan patroli setiap malam di titik-titik jalan yang sepi dan tidak ada penerangan jalan,” ujarnya.

 

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow Jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Azriel