oleh

Ziarah Makam Gus Dur dan Nostalgia Masa SMA KSP Moeldoko di Jombang

Jombang, Jurnal Jatim – Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Republik Indonesia Moeldoko melakukan kunjungan kerja di Jombang Jawa Timur, Jumat (17/9/2021). Moeldoko didampingi Tenaga Ahli Utama Kedeputian V, Rumadi Ahmad, ziarah ke makam Presiden RI ke-4, KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang.

Mantan Panglima TNI itu bersama pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng KH. Abdul Hakim Mahfudz, melakukan doa bersama dan tabur bunga di pusara Gus Dur.

“Gus Dur adalah bapak Demokrasi, bapak perdamaian dan toleransi. Sudah sepatutnya kita meneladani dan meneruskan perjuangan beliau,” ujar Moeldoko dalam siaran pers Kantor Staf Presiden, Jumat, petang, (17/9/2021).

Di tengah ancaman intoleransi saat ini, kata dia, pemimpin bangsa sepatutnya mengambil pelajaran dari apa yang sudah ditanamkan para pendahulu, salah satunya adalah Gus Dur.

“Kita sudah melihat bagaimana Gus Dur dulu sangat menjunjung perdamaian dan bisa menyatukan keberagaman. Semangat itu harus dijaga, jangan sampai dirusak oleh munculnya paham-paham baru,” katanya.

Setelah berziarah di makam Gus Dur, pria asal Kediri, Jawa Timur tersebut mengunjungi sekolahnya di SMAN 2 Jombang untuk bernostalgia dengan guru dan teman-teman seangkatannya tahun 1976 dan memberikan motivasi kepada siswa.

“Impian itu harus diraih, jangan takut untuk menggapai impian kalian. Tidak ada yang tidak mungkin. Saya saja bisa, harusnya kalian juga bisa,” katanya yang langsung disambut tepuk tangan siswa.

KSP Moeldoko juga mengapresiasi pihak sekolah, yang sudah menjalankan pembelajaran tatap muka (PTM) dengan protokol kesehatan yang ketat agar terhindar dari penularan virus corona yang masih mewabah.

“Saya harap prokes tetap dijalankan dalam pembelajaran tatap muka. Jangan sampai COVID-19 naik lagi, nanti kalian sekolah dari rumah terus, dan jadi generasi gedget,” ujarnya.

Di akhir kunjungan kerjanya di Jombang Moeldoko bersama Bupati Mundjidah Wahab dan Forkopimda juga memantau langsung pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di gedung serba guna Moeldoko Center, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Jombang.

“Kalau sudah vaksin pertama, nanti jangan lupa vaksin keduanya. Biar COVID-19 nya cepet hilang,” pesan KSP Moeldoko.

 

Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di Jurnaljatim.com, jangan lupa follow Jurnaljatim.com di Google News.

 

Editor: Azriel