Jelang HUT RI, Perajin Bendera Merah Putih di Jombang Banjir Pesanan

Jombang, – Perajin di Jombang, Jawa Timur banjir pesanan jelang peringatan HUT ke-76 Republik Indonesia. Adalah Alfan Efendi (73), perajin bendera Kelurahan Kaliwungu, Kabupaten Jombang.

Alfan saat ini banyak menyelesaikan pesanan bendera merah putih. Menurut dia, sejak awal Juli 2021 lalu, sudah ada desa hingga instansi yang memesan.

”Memang sejak Juli lalu pesanan sudah meningkat. Pesanannya ada yang bendera ada juga umbul-umbul,” kata Alfan, Minggu siang, (8/8/2021).

Setiap tahun, 21 kecamatan di Jombang selalu memesan bendera di tempatnya. Bahkan, kantor instansi hingga kantor OPD-OPD juga pesan melalui dirinya.

Hingga saat ini, sudah ada beberapa pemerintah kecamatan maupun desa di Jombang yang sudah pesan, di antaranya Kecamatan , dan Mojowarno serta Bareng.

Pantauan di lokasi, puluhan bendera dengan berbagai macam model dan ukuran tertata rapi. Beberapa model umbul-umbul dengan logo Pemkab Jombang maupun bendera ukuran 80×120 sentimeter berjajar rapi.

”Saat ini, pesanan yang sudah masuk sekitar 500-an lebih bendera maupun umbul umbul,” kata pria kelahiran 1948 tersebut.

Alfan mengaku, melakoni pembuatan bendera tersebut sejak 2001 silam. Mulai masyarakat hingga pejabat sudah jadi langganannya. Menfantisipasi lonjakan permintaan, Alfan biasanya menyiapkan sejak jauh.

“Agar tidak keteteran, ya jauh-jauh hari sudah menyiapkan semuanya,” ucapnya.

bendera yang dijual bervariatif. Bendera berukuran 80×120 sentimeter dihargani Rp25 ribu per potong. Namun jika beli banyak, harganya turun Rp20 ribu per potong.

Sedangkan bendera ukuran 120 x 180 sentimeter yang biasanya dipakai untuk kantor instansi dihargai Rp100 ribu per potonh. Namun, jika membeli dalam jumlah banyak, harganya Rp80 ribu per potong. Ia mengaku, mengutamakan kualitas bendera yang dia jual. Mulai dari jenis kain, kerapian jahitan hingga kualitas sablon sangat diperhatikan.

”Kami mengutamakan kualitas, sehingga yang langganan ini tetap setiap tahunnya,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu pembeli Roni Suhartomo, mengaku cukup puas dengan bendera hasil buatan Alfan karena kualitasnya cukup baik. Roni membeli bendera merah putih ukuran 80×120 untuk dipasang di depan rumahnya.

“Belinya tadi Rp20 ribu. Benderanya saya pasang di depan . Ini kan Agustus, bulan kemerdekaan negara kita,” kata Roni sembari mengajak semua masyarakat untuk mdemasang bendera merah putih.

 

Editor: Hafid