oleh

Pemprov Jatim buka isi ulang oksigen untuk pasien COVID-19, ini syaratnya

Surabaya, Jurnal Jatim – Pemerintah Provinsi Jawa Timur membuka stasiun stasiun pengisian oksigen gratis bagi warga Jatim. Stasiun pertama yang dibuka dan mulai beroperasi berada di halaman Kantor Dinas Perhubungan Jatim, Jalan Ahmad Yani, Surabaya.

Stasiun pengisian oksigen gratis tersebut diresmikan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa pada Sabtu (17/7/2021). Adanya stasiun oksigen gratis itu, warga yang tengah isolasi mandiri diharapkan tak lagi kesulitan mencari layanan pengisian oksigen.

“Dulur, Pemprov Jatim menyediakan layanan isi ulang oksigen gratis bagi masyarakat yang sedang menjalani isolasi mandiri dan mobil ambulance. Hari ini dimulai Surabaya (Sabtu 17/7) di halaman kantor Dishub Provinsi Jatim jl. A. Yani 268 Surabaya. No telp : Hari Setiawan 0821 4114 1356 dan Andi Kurniawan : 0882 1763 6643. Silahkan mendaftar di infocovid19.jatimprov.go.id atau hubungi call center 1500117. Buka 24 jam. Bismillah, Jatim bisa keluar dari pandemi covid-19 ini,” tulis Khofifah di akun instagramnya @khofifah.ip dikutip Minggu (18/7/2021).

Sementara itu, dalam peresmian stasiun pengisian oksigen, gubernur perempuan pertama di Pemrov Jatim menyampaikan layanan itu bisa diakses para warga yang membutuhkan dengan syarat menunjukkan hasil positif COVID-19 dari swab PCR atau antigen.

Tak hanya pasien isoman saja, ambulans yang membutuhkan isi ulang oksigen dalam keadaan darurat pun bisa memanfaatkan layanan tersebut.

“Hari ini kita buka di lapangan Dishub Provinsi Jawa Timur 24 jam. Sementara disiapkan 500 meter kubik tabung oksigen atau silinder kapasitas 1 meter kubik. Tetapi kita punya stok yang cukup, artinya itu bisa ditambahkan,” katanya.

Tetapi, kata Khofifah, seandainya 500 meter kubik berarti untuk 500 tabung oksigen atau silinder 1 meter kubik itu tidak mencukupi, akan dilakakukan penambahan. Khofifah menyebut stok masih mencukupi.

“Kami menyampaikan terima kasih terutama asosiasi BUMN yang ada di Jawa Timur. Tidak sekali pun support kemudian berhenti. Tapi akan disupply secara kontinyu. Dengan demikian stok kita cukup untuk bisa meluaskan isi ulang oksigen secara gratis,” ujarnya.

Layanan pengisian tabung oksigen gratis ittu akan tersedia di kota-kota lainnya. Dua kota yang sudah siap adalah Sidoarjo dan Gresik. Untuk Kabupaten Sidoarjo, stasiun pengisian oksigen gratis berada di halaman Samsat Kabupaten Sidoarjo atau tepatnya di Kantor UPT PPD di Jl Pahlawan Kabupaten Sidoarjo. Sementara untuk Kabupaten Gresik, stasiun pengisian oksigen ini ditempatkan di Samsat Kabupaten Gresik dengan kapasitas yang sama.

Khofifah menambahkan, pihaknya juga berusaha mewujudkan stasiun di kota-kota lainnya dengan menyiapkan kebutuhan petugas yang berkompeten mengoperasikan pengisian oksigen.

“Bagi di kabupaten dan kota lain yang sudah mengajukan, kami sedang berkoordinasi dengan tim teknis yang memiliki skill khusus untuk melakukan pengisian secara aman dengan SOP, seperti yang diberlakukan oleh distributor atau agen isi ulang oksigen,” ujarnya.

Untuk bisa mendapatkan layanan ini, masyarakat harus mengisi formulir secara daring, melalui situs infocovid19.jatimprov.go.id. Warga juga harus mencantumkan hasil PCR Test atau Swab Antigen bagi yang belum sempat menjalani PCR namun sudah membutuhkan suplai oksigen.

Setelah mengisi secara online, masyarakat yang sudah mendapatkan tiket, bisa datang ke stasiun pengisian di lokasi dan waktu yang telah ditentukan. Termasuk membawa bukti PCR Test atau swab Antigen serta tabung berukuran 1 meter kubik.

 

Editor: Azriel