oleh

Megah, Masjid Baitul Mu’min Polres Tuban Senilai Rp7 Miliar Diresmikan

Tuban, Jurnal Jatim – Masjid Baitul Mu’min Polres Tuban, Jawa Timur tampak indah nan megah dari bangunan sebelumnya. Itu setelah pembangunan masjid selesai dan diresmikan Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono didampingi Bupati dan Dandim 0811 Tuban, Sabtu sore (8/5/2021).

Bangunan Masjid dua lantai setinggi 15 meter dengan atap kubah berwarna kuning terlihat berdiri megah di antara dua bangunan lain yakni tempat parkir kendaraan roda dua bertingkat serta gedung fasilitas kesehatan tingkat pertama dilingkungan Polres Tuban.

“Masjid ini bisa ditempati sekitar 300 jamaah dengan memenuhi Protokol Kesehatan saat pandemi COVID-19,” kata AKBP Ruruh, Minggu (9/5/2021).

Proses pembangunanya membutuhkan waktu sekitar 8 bulan. Pembangunan awal ditandai dengan peletakan batu pertama pada pertengahan bulan agustus tahun 2020 lalu.

Pembangunan Masjid dua lantai dengan luas 20×25 meter persegi itu menghabiskan biaya sekitar Rp7miliar yang mempunyai ciri khas Timur tengah dengan interior full marmer serta hiasan kaligrafi.

“Biaya itu seluruhnya merupakan swadaya Personel Polres Tuban serta partisipasi dari berbagai pihak,” ujar mantan Kapolres Madiun tersebut.

Masjid sebelumnya kurang memadai

Ruruh menjelaskan, latarbelakang pembangunan Masjid tersebut karena kondisi masjid lama kurang memadai. Bangunan Masjid yang didirikan sejak 15 tahun lalu di atas tanah seluas 16×16 meter itu hanya mampu menampung sekitar 80 jamaah dalam kondisi normal, dimana saat pandemi COVID-19 harus mengurangi daya tampung Masjid.

Kalau sekarang dalam kondisi normal diperkirakan mampu menampung hingga 700 jamaah atau sekitar 300 jamaah dengan memenuhi Protokol Kesehatan saat pandemi COVID-19.

“Ide Pembangunan Masjid ini pertama kali muncul ketika saya salat di masjid yang lama, seketika saya terpanggil untuk membangun masjid, mohon maaf karena masjid lama itu tempat wudu-nya ada tapi toiletnya tidak ada, kapasitasnya juga terbatas,” ujarnya.

Ia menambahkan, pembangunan masjid Baitul Mu’min bukan dalam rangka berlomba membangun masjid yang megah. Melainkan bagaimana nantinya dapat memakmurkan dengan memanfaatkan untuk sarana beribadah baik wajib maupun sunah serta kegiatan keagamaan lainnya.

Polisi kelahiran Ngawi itu berharap Pembangunan Masjid Baitul Mu’min dapat menumbuhkan motivasi Personel Polres Tuban untuk lebih taat beribadah. Termasuk dijadikan sarana untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Mudah-mudahan peresmian masjid hari ini menjadi berkah untuk kita semua terutama kami keluarga besar Polres Tuban. Semoga masjid ini dapat mendorong segenap personel Polres Tuban untuk lebih taat beribadah serta semakin meningkatkan kualitas iman dan taqwa kepada Allah SWT,” ujarnya.

Selain anggota Polres Tuban, Masjid Baitul Mu’min ini juga bisa digunakan oleh masyarakat atau jama’ah dari luar Polres untuk melaksanakan ibadah.

“Pesan Kami Tolong siapapun nanti pemimpinnya, dirawat dan dijaga dengan betul karena ini usaha kita semua,” pesan alumni Akpol tahun 2000 tersebut.

 

Editor: Azriel