oleh

Kementan Dapat Suntikan Dana Rp4,19 Triliun, Stok Pangan Lebaran Aman

Jombang, Jurnal Jatim – Kementan (Kementerian Pertanian) mendapatkan tambahan anggaran belanja lebih dari Rp4 triliun pada 2021 dari pemerintah pusat untuk mendukung penyediaan pangan pada masa pandemi COVID-19 dan percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Tahun 2021.

Anggota DPR Ema Umiyyatul Chusnah mengatakan, anggaran tambahan 4 triliun lebih salah satunya untuk pemenuhan kebutuhan pokok selama ramadan hingga hari raya Idulfitri 1441 hijriah.

Menurut dia, Komisi IV DPR RI beberapa waktu lalu juga sudah melaksanakan rapat kerja dengan pihak kementerian pertanian terkait kesiapan stok pangan menjelang hari raya idulfitri 2021

“Alhamdulilah, Insyaallah pemerintah sudah sigap, menyiapkan anggaran untuk menyiapkan stok pangan di bulan bulan ramadan ini. Stok pangan kita aman,” kata Ema usai saat santuan anak yatim dan penyerahan bantuan sembako kepada duafa di kantor Muslimat NU Kecamatan Ngoro, Jombang, Minggu (11/4/2021).

Tercukupinya ketersediaan pangan tidak hanya pada skala nasional saja, namun di daerah-daerah juga aman. Termasuk di Kabupaten Jombang. Ema menyebut, Jombang surplus atau jumlahnya melebihi hasil biasanya.

“Stok cukup-cukup, Jombang surplus dan insyaallah tidak ada kekurangan untuk stok di Jombang,” kata legislator yang akrab disapa Ning Ema tersebut.

Kendati stok pangan aman, puteri Bupati Jombang, Mundjidah Wahab itu mengaku tetap akan turun ke lapangan untuk memantau harga kebutuhan pangan di pasaran.

“Saya akan turun ke pasar, kita cek harganya dan juga melihat komoditi-komoditi yang masuk di pedagang ini mengambil dari komoditi lokal atau luar kota atau dari impor,” ujar anggota fraksi PPP tersebut.

 

 

Editor: Azriel