oleh

Kominfo Jombang Gencarkan Sosialisasi Undang-Undang Cukai ke Desa

Jombang, Jurnal Jatim– Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Jombang, Jawa Timur terus menyosialisasikan ketentuan peraturan perundang-undangan dibidang cukai kepada masyarakat khususnya ke desa – desa di Kabupaten Jombang, di antaranya di desa Pandan Blole, Kecamatan Ploso, Rabu (17/3/2021).

Sekretaris Dinas Kominfo Jombang, Samsul Huda saat sambutan mewakili Kepala Dinas Kominfo, Budi Winarno mengungkapkan, kegiatan dimaksudkan untuk memberikan pencerahan sekaligus meningkatkan peran serta masyarakat dalam pemberantasan rokok ilegal.

“Saya berharap sosialisasi ini tidak berhenti di sini, disampaikan ke tetangga yang lain agar semua paham, mari kita cegah rokok ilegal untuk penerimaan negara, karena pajak cukai juga akan dikembalikan lagi ke masyarakat,” ujarnya.

Dia menyampaikan, bahwa kegiatan sosialisasi dan penyampaian informasi terkait dengan ketentuan peraturan perundang – undangan dibidang cukai kepada masyarakat juga diharapkan bisa menjadi sarana komunikasi kepada masyarakat.

“Serta memperkuat sinergi diantara Bea Cukai Kediri, Pemerintah Kabupaten, Kecamatan, dan Desa dalam memberantas rokok ilegal agar kebocoran dapat diminimalisir dan tentunya penerimaan anggaran dari sektor pajak semakin meningkat,” ujarnya.

Ia menambahkan, pemerintah juga tidak melarang masyarakat untuk merokok. Namun, disarankan merokok tidak di tempat umum, namun pada tempat yang telah disediakan.

“Tidak apa-apa nglinting dewe, di rokok dewe, pokoknya tidak di jual, kalau dijual itu namanya melanggar, karena tidak ada pita cukai/pajaknya,” katanya.

Samsul meyakini meskipun peredaran rokok ilegal saat ini sudah berkurang, namun harus terus dicegah secara terus menerus.

“Karena meskipun kebocoran itu sedikit, lama – lama akan menjadi banyak dan itu akan mengurangi penerimaan Negara,” pungkasnya.

 

 

Editor: Azriel