oleh

Kasihan, Bayi Umur Satu Hari Tergeletak di Tepi Jalan Kampung di Tuban

Tuban, Jurnal Jatim – Seorang pengendara sepeda motor tidak sengaja menemukan bayi umur satu hari tergeletak di tepi jalan kampung Dusun Banjarjo, Desa Banjaragung, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Kamis (18/3/2021).

Hingga saat ini masih belum diketahui orang yang tega membuang bayi berjenis kelamin perempuan di tepi jalan. Si jabang bayi telah dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Koesma Tuban guna perawatan medis.

“Kondisi bayi sehat dan telah dibawa rumah sakit,” ungkap Kapolsek Rengel, Tuban, IPTU Dean Tommy Rimbawan.

bayi tak berdosa itu pertama kali ditemukan Setyo Budi Purnomo (36) yang sedang melintas di jalan atau lokasi kejadian dengan menggunakan sepeda motor.

Pagi itu, sekitar pukul 07.00 WIB, Setyo bermaksud membeli sarapan (makan pagi) di kawasan desa setempat. Nah, saat melintas di lokasi kejadian, ia melihat bayi tergeletak di tepi jalan.

“Salah satu warga saat itu hendak membeli sarapan melewati jalan kampung mengendarai sepeda motor, dan melihat ada seorang bayi yang tergeletak terbungkus kain selimut,” terangnya.

Setyo lalu memberitahukan ke perangkat desa setempat lalu diteruskan laporan ke kepolisian setempat. Seketika itu, warga sekitar heboh, Tak lama kemudian, polisi bersama tim medis datang ke lokasi untuk mengecek dan memeriksa kondisi bayi.

Setelah itu, bayi yang diperkirakan berusia satu hari lebih tersebut dibawa ke puskesmas setempat untuk dilakukan pemeriksaan kesehatannya.

“Hasil pemeriksaan, bayi perempuan itu memiliki panjang 48 centimeter, berat 2,5 kg dalam keadaan masih hidup. Kondisi bayi berada di tepi jalan kampung terbungkus selimut kain dan jarik kain, serta menggunakan topi kupluk warna putih,” ujarnya.

Lebih lanjut, petugas medis memberikan keterangan bahwa bayi yang ditemukan itu telah berusia satu hari lebih.

“Menurut keterangan petugas medis usia bayi diperkirakan lebih 1 hari kelahiran dan dalam kondisi sehat,” tutupnya.