Harga Benih Bawang Merah di Nganjuk Merangkak Naik

Nganjuk, Jurnal Jatim bibit atau benih bawang merah di Nganjuk, mengalami kenaikan seiring dengan naiknya harga bumbu di antaranya bawang dan kecil di pasar tradisional.

Petani bawang, Khudhori, Dusun Depok, Desa Sumberjo, Kecamatan Gondang, mengatakan harga benih bawang di Nganjuk merangkak naik. Biasanya dijual dengan harga Rp25 ribu-Rp30 ribu per kilogram.

“Kini harga bibit (benih) bawang merah mencapai Rp35 ribu-Rp37 ribu per kilogram,” kata Khudhori dihubungi melalui telepon, Sabtu (6/3/2021).

Naiknya harga benih bawang lokal juga terjadi pada harga benih bawang . Namun, untuk harga benih bawang impor harganya lebih rendah sedikit dari pada harga bawang lokal.

“Benih bawang lokal di sini banyak diminati, karena hasilnya lebih bagus dibanding impor daerah lain,” jelasnya.

Kendati harga naik, Khudhori menyebut tidak ada penurunan pembeli. Rata-rata pembelinya berasal dari , , Madiun, Bojonegoro, hingga beberapa daerah di .

“Kalau musim hujan, justru menanam bawang hasilnya lebih bagus dibanding musim kemarau,” imbuhnya.

Sementara itu, seeorang pembeli benih Bawang asal Kabupaten Jombang, Gono, mengatakan, naiknya harga benih bawang relatif stabil, yang artinya masih dalam batas kewajaran, belum melonjak secara signifikan.

“Ya memang harganya naik, ini baru beli untuk saya tanam di Jombang,” kata Gono, usai membeli beberapa kilogram benih bawang merah di tempat Khudhori.

 

Editor: Hafid