oleh

Belajar Tatap Muka di Jombang Tunggu Hasil Rapat Satgas COVID-19

Jombang, Jurnal Jatim – Hingga saat ini, para siswa di Jombang, Jawa Timur masih belajar dari rumah atau daring. Sementara pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang direncanakan awal bulan April 2021 masih menunggu hasil rapat dengan tim gugus tugas penanganan COVID-19 yang akan dilaksanakan Selasa (23/3/2021) lusa.

Bupati Jombang, Mundjidah Wahab mengatakan, Dinas Pendidikan dan Kebudayan (Disdikbud) sudah merencanakan tanggal 1 April 2021 dimulai pelaksanaan PTM bagi Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Jombang.

“Kita masih harus koordinasi dengan Forkopimda atau Satgas. Dan akan ada rapat pada Selasa depan, (untuk) melihat kesiapan Disdikbud sampai mana,” kata Mundjidah, Selasa, (16/3/2021) lalu.

Kesiapan yang dimaksud Mundjdah yakni, kesiapan sekolah-sekolah termasuk yang ada di desa-desa di Kabupaten Jombang untuk kesiapan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) jika PTM benar-benar dilaksanakan.

“Akan kita putuskan setelah kita bersama-sama dengan Forkopimda, Satgas rapat dan mendengarkan paparan dari Disdikbud. Maka kita putuskan untuk bisa dimulai 1 April (2021),” ujarnya.

Direncanakan awal April

Diberitakan sebelumnya, Disdikbud Jombang menyatakan, PTM bagi SD dan SMP di Kabupaten Jombang ditargetkan bisa dilaksanakan pada bulan April 2021 mendatang.

Pelaksanaan PTM itu disebut juga sambil menunggu seluruh guru SD dan SMP di Kabupaten Jombang selesai melaksanakan vaksinasi COVID-19 dosis kedua.

“Sampai saat ini kita berusaha pelaksanaannya di awal April (2021) kita melakukan Pembelajaran Tatap Muka,” kata Kepala Disdikbud Jombang, Agus Purnomo, Rabu (10/3/2021) lalu.

Dia berharap, tahapan vaksinasi dosis kedua bagi para guru SD dan SMP di Kabupaten Jombang bisa dilaksanakan tepat waktu. Sehingga ketika selesai pelaksanaan vaksinasi dosis kedua, kemudian ada jeda waktu 1 minggu setelahnya, kemudian baru dilaksanakan PTM bagi SD dan SMP di Kabupaten Jombang.

Disinggung lebih lanjut apakah pelaksanaan PTM bagi SD dan SMP di Kabupaten Jombang nantinya akan melihat situasi dan perkembangan status zona Kabupaten Jombang sendiri pada kasus Covid-19 atau tidak,

Agus menegaskan pihaknya tidak akan melihat status zona kasus COVID-19, namun seluruh Satuan Pendidikan di bawah Disdikbud Kabupaten Jombang bakal serentak melaksanakan PTM.

“SD, SMP, akan serentak melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka,” tandas dia.

 

 

Editor: Azriel