oleh

Patroli Malam Masa PPKM Mikro di Jombang Tegur 107 Pelanggar Prokes

Jombang, Jurnal Jatim – Patroli skala besar di malam hari untuk pencegahan penyebaran COVID-19 di Kabupaten Jombang, Jawa Timur pada masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro menegur 107 orang pelanggar protokol kesehatan.

Perwira pengawas (Pawas) Polres Jombang, AKP Mochamad Mukid yang mimpin giat patroli Jumat (19/2/2021) malam mengungkapkan ratusan pelanggar protokol kesehatan tak pakai masker itu diberikan sanksi teguran.

“Kami menegur dan mengingatkan kepada mereka (pelanggar) agar selalu memakai masker saat berada di luar rumah agar terhindar dari penularan COVID-19,” ujarnya.

Sanksi teguran disampaikan dengan cara humanis, harapan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya disiplin menjalankan protokol kesehatan (Prokes).

Terlebih, kata Mukid, Jombang saat ini sedang melaksanakan PPKM karena masuk zona merah COVID-19 atau menjadi daerah rawan penularan virus corona.

“Giat patroli kami laksanakan humanis agar sadar akan pentingnya disiplin menerapkan protokol kesehatan,” kata perwira yang menjabat Kasatresnarkoba tersebut.

Protokol kesehatan yang dimaksud yakni selalu memakai masker saat di luar rumah, menjaga jarak, mencuci tangan, serta menghindari kerumunan sesuai dengan anjuran pemerintah.

“Minimal protokol kesehatan 3M itu harus dilaksanakan, sebab itu salah satu upaya untuk menekan penyebaran virus corona di sini,” kata polisi dengan dua balok melati di pundak.

Adapun sasaran patroli gabungan TNI, Polri, Satpol PP dan Dinas Perhubungan di antaranya di kantor Lapas kelas IIB, Kafe Gerbong Jalan Prof Moh Yamin, Pandanwangi, Pasar Keras Diwek, kawasan terminal makam Gus Dur, dan Pasar Cukir, Kecamatan Diwek.

“Saat patroli di Kafe Gerbong, ternyata masih beroperasional di atas jam 20.00 WIB. Pemilik kami imbau untuk tutup dan pengunjung diminta membubarkan diri,” jelas imbuhnya.

Mukid menyebut, giat patroli gabungan hingga pukul 21.30 WIB berjalan dengan lancar serta situasi aman dan terkendali. Artinya tidak ditemukan adanya hal mencurigakan yang dapat menyebabkan gangguan Kamtibmas di wilayah hukum Jombang.

 

 

Editor: Azriel