oleh

Cegah Penularan COVID-19, Polres Nganjuk Serentak Bagikan 3000 Masker

Nganjuk, Jurnal Jatim – Kapolres Nganjuk AKBP Harviadhi Agung Pratama membagikan ribuan masker gratis kepada masyarakat pengguna jalan yang melintas di Jalan Ahmad Yani dan para pedagang di Pasar Wage, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Senin (1/2/2021).

Pembagian masker di tempat itu karena banyaknya aktivitas masyarakat yang dinilai rentan menjadi klaster penularan COVID-19.

Pelaksaan kegiatan itu menindaklanjuti Instruksi Presiden nomor 6 tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakkan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan Pengendalian COVID-19 sekaligus mengampanyekan.

Menurut Harviadhi, tertib menggunakan masker menjadi salah satu bentuk cara memutus matarantai virus corona atau COVID-19.

“Pembagian masker ini dilaksanakan serentak Polres Nganjuk dan 20 Polsek jajaran. Sejumlah 3000 masker kita bagikan pada hari ini,” katanya.

Ia mengatakan, angka kasus COVID-19 saat ini masih terus mengalami peningkatan. Oleh sebab itu perlu kerja keras dari seluruh stake holder dengan konsisten menyuarakan disiplin protokol kesehatan kepada masyarakat luas.

“Kami dari Kepolisian dan TNI bersinergi menggugah kesadaran masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan. Salah satunya adalah menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah,” katanya.

Selain membagikan masker secara cuma-cuma, pihaknya juga memberikan edukasi langsung kepada warga masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

Harviadhi menambahakn, pembagian masker itu merupakan implementasi dan dukungan Kepolisian terhadap program Jatim Bermasker dalam upaya menekan laju penyebaran virus corona.

Menurut dia, pengguna jalan dan pengunjung pasar merupakan salah satu lokasi vital penggerak ekonomi masyarakat.

“Dimana bisa dipastikan banyak masyarakat atau warga yang datang dan beraktivitas, yang jika tidak diperhatikan bisa berpotensi menjadi media penularan COVID-19,” ucapnya.

Oleh karena itu, jajaran kepolisian saat ini konsen melakukan edukasi protokol kesehatan dengan menyasar tempat-tempat keramaian seperti pasar, pusat perbelanjaan maupun fasilitas umum lainnya.

“Saya yakin dan percaya dengan komitmen kita bersama didukung kesadaran masyarakat yang tinggi mematuhi protokol kesehatan akan dapat menekan penyebaran dan mewujudkan wilayah kita bebas COVID-19,” pungkas mantan Kapolres Batu ini.

 

 

Editor: Hafid