oleh

Awal Tahun 2021, Polisi Jombang Luncurkan Lagu Kampung Tangguh

Jombang, Jurnal Jatim – Seorang Polisi di Jombang, Jawa Timur meluncurkan lagu ciptaannya Kampung Tangguh untuk menggelorakan program unggulan kemanusiaan di masa pandemi COVID-19 di awal tahun 2021.

Lagu Kampung Tangguh itu dibuat oleh Ajun Komisari Polisi (AKP) Mochamad Mukid dibawakan grup musik binaanya D’Cobra Band Jombang.

Terdiri dari Kiki (Vocal), Hafied Rahman (Gitar), Daniel SA (Gitar), Deby Andre (Piano), Wawan (Organ), Fandy Hardian (Bassis) dan AKP M. Mukid (Accoustic).

Lirik dan aransemen lagu sederhana dengan aliran pop rock yang memiliki nada-nada penuh semangat. Kekuatan refrain yang diulang-ulang diharapkan mampu membuat lirik lagu mudah diingat pencinta musik Tanah Air.

Video klip lagu itu telah diunggah di kanal YouTube Moch Mukid, pada Senin (4/1/2021) malam. Dalam video klip berdurasi 5 menit 29 detik itu tampak sinergitas Polri, TNI, Pemerintah dan masyarakat bahu membahu menjalani hidup di tengah pandemi COVID-19.

Moch Mukid menuturkan lagu Kampung Tangguh itu terinspirasi dari program kemanusiaan gagasan Polda Jawa Timur dalam menghadapi pandemi COVID-19 yang belum diketahui masa berakhirnya.

Mukid menyebut, lirik lagu itu berisi penyampaian pesan kepada warga Indonesia khususnya masyarakat Jombang bahwa disiplin adalah vaksin COVID-19. Yakni disiplin menjalankan protokol kesehatan.

Antara lain selalu memakai masker saat beraktivitas di luar rumah, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak dan serta menghindari kerumunan.

“Pesan lain dalam lagu ini agar bersama-sama serta bahu-membahu dalam menghadapi COVID-19. Selain itu, agar selalu bersabar dan berdoa atas segala cobaan ini,” kata polisi yang menjabat sebagai Kasatresnarkoba Polres Jombang.

Menggugah Hati

Kapolres Jombang, AKBP Agung Setyo Nugroho dikonfirmasi Jurnaljatim.com mengungkapkan jika dirinya sudah mengetahui lagu Kampung Tangguh yang telah dilaunching anggotanya di akun youtube. Ia pun mengapresiasi lagu itu.

Agung menyebut lagu Kampung Tangguh merupakan kreativitas anggota Polri yang dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk hidup sehat dan bergotong-royong di masa pandemi COVID-19.

“Syukur alhamdulilah sudah tercipta lagu dan video klip kampung tangguh, semoga dengan diluncurkan lagu ini dapat menggugah hati masyarakat sesuai dengan kapasitasnya masing-masing untuk menjaga masyarakat tetap sehat,” katanya.

Mantan Kasubbagrenmin Bagrenmin SSDM Polri tersebut berharap, melalui lagu tersebut masyarakat dapat turut berperan aktif menekan penyebaran virus yang berasal dari Wuhan, Cina.

“Ikut berperan dalam menekan angka COVID-19 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan tak lupa tetap memohon kepada Tuhan agar segera berlalu wabah yang melanda masyarakat Indonesia saat ini,” kata alumni Akpol tahun 2002 ini.

Sebatas diketahui, Moch Mukid telah membuat beberapa karya musik. Di antaranya lagu berjudul Bertaubat, Ibuku, Pemimpin Negeriku, Berdusta, Kita Semua Bersaudara, Bhayangkariku dan Kampung Tangguh.

 

 

Editor: Azriel