oleh

Bupati Jombang Kunjungi Warga Korban Angin Puting Beliung di Megaluh

Jombang, Jurnal Jatim – Bupati Jombang Mundjidah Wahab mengunjungi warga korban angin puting beliung di Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Sabtu, pagi, (26/12/2020).

Mundjidah bersama sejumlah OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait datang melihat langsung kondisi warga yang terdampak bencana angin puting beliung.

Dari hasil pendataan tim reaksi cepat PUPR dan BPBD Jombang, bencana hujan deras disertai badai angin puting beliung pada Jumat (25/12/2020) sore mengakibatkan sekitar 80 rumah warga rusak.

Sekitar 10 rumah rusak berat dan sekitar 16 rumah rusak sedang dan sisanya rusak ringan. Selain itu, sejumlah fasilitas umum juga rusak.
Dinas terkait bersama warga dan Forkopimcam setempat telah bergotong royong membersihkan semuanya.

Setelah melakukan peninjauan lokasi, Mundjidah memerintahkan Dinas terkait segera melakukan langkah-langkah penanganan, membantu perbaikan rumah warga juga fasilitas umum terdampak.

Mundjidah juga meminta agar melakukan langkah antisipasi seperti melakukan penebangan pohon yang disinyalir membahayakan warga agar kejadian serupa tidak terulang.

Selain itu, orang nomor satu di Pemkab Jombang ini juga memerintahkan Camat setempat untuk mengumpulkan kepala desa agar segera melakukan pendataan rumah warga yang terdampak.

Bupati meminta BPBD untuk membantu melakukan langkah preventif, merapikan pohon besar yang sekiranya membahayakan dan berada disamping rumah warga, atau fasilitas umum.

“Apabila ada pohon besar yang sudah tua berada di sekitar rumah warga dan itu akan berdampak membahayakan apabila hujan deras disertai angin puting beliung segera di potong,” katanya.

“Hal ini dilakukan agar kejadian serupa tidak terulang, guna meminimalisir dampak yang ditimbulkan,” lanjut Mundjidah mengakhiri. (Hms)

Editor: Azriel