oleh

KAI Daop 7 Layani Tiket Liburan Nataru 2021 Dengan Protokol Kesehatan

Madiun, Jurnal Jatim – Masyarakat yang hendak liburan natal dan tahun baru 2021 dapat memanfaatkan transportasi kereta api (KA). Sebab, PT KAI telah membuka pemesanan tiket KA Jarak Jauh untuk liburan.

Pemesanan tiket KA dilayani jika calon penumpang menerapkan protokol kesehatan lantaran pandemi masih berlangsung. Dengan begitu penularan COVID-19 dapat dicegah.

Manager Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko menuturkan pembelian tiket KA liburan natal dan tahun baru dapat dipesan melalui online maupun kanal penjualan resmi lainnya.

“Pembelian tiket sudah kami buka, pelanggan yang hendak bepergian pada periode libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” tutur Ixfan, Senin (30/11/2020).

Protokol kesehatan COVID-19 tersebut, yakni 3M, mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak secara disiplin.

“Pembelian tiket bisa dilakukan mulai hari ini hingga beberapa hari ke depan,” kata Mantan manager humas KAI Daop 5 Purwokerto ini.

Dikatakan Ixfan, beberapa KA yang berangkat atau melintas di wilayah Daop 7 Madiun, yakni KA Bima, Gajayana, Argo Wilis, Turangga, Malabar, Jayakarta dan Matarmaja.

Sedangkan KA yang berangkat dari wilayah Daop 7 terdapat KA Brantas relasi Blitar-Pasarsenen serta KA Kahuripan relasi Blitar-Kiaracondong.

Selain itu, dibeberapa tanggal juga dioperasikan KA Singasari yang berangkat dari Blitar dan KA Anjasmoro keberangkatan Stasiun Jombang.

“Kedua KA ini tujuannya Pasarsenen Jakarta,” kata Ixfan menjelaskan.

Bila antusiasme masyarakat menggunakan KA tinggi pada periode libur Natal dan Tahun Baru, maka KAI akan mengoperasikan kembali beberapa KA reguler untuk mengakomodasi.

“KAI tetap berkomitmen menjual tiket KA Jarak Jauh dan lokal hanya 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang disediakan agar physical distancing tetap terjaga,” ucapnya.

Ixfan menyarankan, pelanggan KA yang ingin bepergian hendaknya merencanakan dulu serta menyesuaikan dengan hari libur dan cuti bersama yang telah diatur ulang pemerintah.

Masyarakat tidak perlu ragu naik KA di masa pandemi. Sebab KAI menerapkan protokol kesehatan secara ketat mulai dari stasiun keberangkatan, selama perjalanan di atas KA, hingga stasiun tujuan.

Pelanggan yang akan naik KA harus dalam kondisi sehat, suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius, dan diimbau memakai pakaian lengan panjang atau jaket.

Ixfan menyebut, KAI Daop 7 juga menyediakan rapid test murah seharga Rp85.000 di lima stasiun yaitu, di Stasiun Madiun, Kertosono, Jombang, Kediri dan Stasiun Blitar.

“Untuk mengetahui KA yang beroperasi, cek ketersediaan tempat duduk serta melakukan pemesanan tiket secara online,” jelasnya.

 

 

Editor: Hafid