Olahraga Ringan Untuk Melawan Wabah Virus Corona

JOMBANG (.com) – Olahraga teratur dapat meningkatkan daya tahan dan imun tubuh, sehingga dapat mencegah masuknya segala penyakit termasuk dalam virus corona (COVID-19).

Hal itu disampaikan Kasatresnarkoba Jombang AKP Mochamad Mukid, kepada Jurnaljatim.com, usai melakukan olahraga di Mapolres setempat, Senin (30/3/2020).

Menurut dia, dengan olahraga teratur dapat menyehatkan tulang dan mengeluarkan bakteri dari serta saluran pernafasan sehingga memungkinkan tubuh terhindar dari virus.

“Dengan berolahraga terjadi perubahan sel darah putih dan sel darah merah pada tubuh sebagai sistem kekebalan tubuh yang melawan penyakit. Sehingga berolahraga akan terjadi kenaikan suhu tubuh singkat yang dapat mencegah bakteri. Ditambah lagi saat berolahraga hormon endorfin dalam tubuh akan meningkat untuk membantu imunitas,” jelas Mukid.

Olahraga bisa dilakukan di rumah

Larangan berkerumun termasuk di antaranya kegiatan olahraga yang melibatkan orang banyak bukan berarti tidak bisa berolahraga. Malah seharusnya harus semakin giat dan rutin melakukan olahraga ringan seperti joging, , yoga, dan lain-lain di rumah ataupun pekarangan rumah sendiri.

Dalam menekan penyebaran Covid-19, kata Mukid, salah satu usaha pencegahannya dengan pola hidup sehat, menjaga dan kebugaran tubuh dengan rajin berolahraga individu di tempat yang steril.

“Mari kita lawan corona dan lindungi diri serta kita dengan hidup sehat dan rajin berolahraga,” kata mantan Kasatresnarkoba Polres Ngawi ini.

Anggota dan pengunjung disemprot cairan Disinfektan

Di Mapolres setempat, juga dilengkapi fasilitas cuci tangan serta kerangka boks penyemprotan cairan antiseptik, yang berada di pintu masuk. Pintu sterilisasi ini dioperasikan bagi pengunjung baik anggota maupun masyarakat.

“Setiap pengunjung harus mencuci tangan terlebih dahulu, lalu melewati bilik sterilisasi dekat pintu masuk, untuk mencegah penyebaran COVID-19,” kata , AKBP Boby Pa'ludin Tambunan.

Saat melewati pintu sterilisasi, pengunjung disemprot cairan berupa air yang dicampur antiseptik kuman maupun bakteri.

Diwajibkan untuk mencuci tangan

Kasatresnarkoba menambahkan, pengunjung maupun anggota juga diharuskan untuk mencuci tangan dengan antiseptic maupun hand sanitizer yang telah disiapkan di ruangan. Itu sebagai upaya mencegah penularan virus corona.

“Siapapun yang masuk kesini, harus steril dengan cuci tangan ditempat yang telah kita sediakan,” ucap Mukid menegaskan.


Editor: Azriel