Nataru 2020, Ini lokasi Pos Penjagaan Ops Lilin Semeru 2019 di Jombang

JOMBANG (Jurnaljatim.com) -Satuan Lalu lintas telah menyiapkan dengan membangun sejumlah pos penjagaan dalan ops Lilin 2019 di beberapa titik keramaian saat perayaan natal 2019 dan tahun baru 2020.

Berdasarkan data yang didapat Jurnaljatim.com, ada 11 pos jaga dibangun tersebar di Jombang. Yakni, Pos pelayanan (Pos Yan) akan di bangun di pusat kota, yakni di simpang empat Jalan Wahid Hasyim, Jombang. Lokasinya, di timur stasiun Jombang.

Selain Pos Yan, polisi juga akan membangun lima (Pos PAM). Yakni Pos Pam 1 RTH Mojoagung (Pos Portable)
berada di Alun – alun Kecamatan Mojoagung, Pos Pam 2 Pintu Tol Tembelang (Pos Portable) berada di Simpang tiga Pintu Tol Tembelang.

Kemudian, Pos Pam 3 Jembatan Ploso (Pos Tetap), lokasinya berada di Simpang 3 Jembatan Ploso. Berikutnya, Pos Pam 4 Pintu Tol Bandar Kedungmulyo (Pos Portable) yang berada di Simpang tiga Pintu Tol Tembelang, dan Pos Pam 5 Depan Gereja GKJW Mojowarno (Pos Portable) berada di Jalan raya Mojowarno atau Depan Sakit Kristen Mojowarno Jombang.

Selain itu, Jombang juga membangun lima Pos Pantau. Lokasinya Simpang tiga Perbatasan Mojoagung (Pos Portable), Simpang tiga Pos 90.2 Keplaksari (Pos Tetap), Simpang tiga PG Tjukir (Pos Portable), Simpang tiga Jatipelem (Pos tetap), dan depan Puskesmas Bandar Kedungmulyo (Pos Portable).

“Operasi lilin semeru 2019, rencana 1 Pos Yan, 5 Pos Pam, dan 5 Pos Pantau,” kata Kasat Lantas Polres Jombang, AKP Risky kepada Jurnaljatim.com

Jombang, AKBP Boby Pa’ludin Tambunan, mengungkapkan, pendirian pos tersebut untuk mengurai jika terjadi kemacetan lalu lintas. Selain itu, untuk mengantisipasi adanya gangguan kambitmas selama Natal dan tahun baru 2020.

“Petugas dari ada 250 personel dan dibackup 230 personel dari berbagai instansi, termasuk TNI, Dishub, Dinkes, Pramuka, Senkom dan sebagainya,” kata Boby.

Boby menjelaskan, operasi lilin mulai dilaksanakan tanggal 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020. Untuk titik rawan ada 12 potensi kerawanan yang menjadi obyek sesuai yang telah dijelaskan dalam amanat dari yang dikonsentrasikan pada tempat ibadah, tempat wisata dan pusat keramaian lainnya.

“Pola pengamanan lebih mengedepankan preventif/pencegahan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman dalam perayaan Natal 2019 dan perayaan tahun baru 2020,”ujar Kapolres usai gelar pasukan Ops Lilin Semeru 2019 di lapangan Mapolres, Kamis (19/12/2019).


Editor: Hafid