Sekardangan Sidoarjo Deklarasi Kampung Bebas Narkoba

, (Jurnaljatim.com) – Kelurahan Sekardangan, RT 23 RW 07, Sidoarjo, , menjadi pilot project sebagai kampung pertama dari di wilayah Sidoarjo.

Kapolresta Sidoarjo Kombespol Zain Dwi Nugroho menyampaikan, deklarasi itu diartikan dengan bebas dan bersih dari peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

“Tentunya, ini adalah kampung bebas narkoba pertama kali yang dideklarasikan,” tuturnya usai deklarasi, Sabtu (30/3/2019).

Dijelaskannya, ada kriteria sendiri untuk menjadi kampung bebas narkoba. Yakni, selama lima tahun kampung tersebut tidak pernah tersandung kasus atau ditemukan adanya perbedaan narkoba.

Selain itu, lanjut Zain, seluruh warga kampung berkomitmen dan berkeinginan keras untuk memerangi segala macam bentuk peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

“Kedepannya, Sidoarjo benar-benar bebas dan bersih dari ,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin mengatakan, Pemkab Sidoarjo mendukung penuh program tersebut. Itu semua berkat antusias warga kampung sendiri, untuk memupuk kepedulian terhadap narkoba.

“Ini menjadi role mode, dan patut dicontoh oleh kampung lainnya yang ada di Sidoarjo,” paparnya.

Terpisah, Ketua RT 23 RW 07 Sekardangan Edi Priyanto mengungkapkan, gerakan yang dilakukan itu salah satu upaya untuk mencegah dan peduli terhadap bahaya narkoba.

“Warga kampung menyadari itu, dan mengusulkan untuk ada upaya yang nyata,” jelasnya kepada Jurnaljatim.com

Dikatakannya, upaya ini tidak mudah untuk dilakukan. Karena, ada beberapa mekanisme yang cukup ketat yang ditempuh. Yakni, mulai dari pertemuan, penyuluhan hingga .

“Sebanyak 189 warga kampung yang di tes urine, dan hasilnya semua negatif,” ucapnya.

Ia mengatakan, Selama tiga tahun, pihakya melakukan sosialisasi tentang bahaya narkoba. Gayung pun bersambut, Polresta Sidoarjo ada program project kampung bebas narkoba.

“Alhamdulillah, kami sudah deklarasikan. Semoga ini semua, bisa ditularkan ke wilayah lainnya,” pungkasnya. (*)


Editor: Azriel