oleh

Pemkab Jombang Targetkan Lumbung Pangan Disetiap Dusun

Peresmian lumbung pangan di Desa Gumulan, Kesamben, Jombang.
Halopantura.com Jombang
Keberadaaan lumbung pangan sangat penting, yakni untuk mewujudkan ketersediaan pangan dengan sistem penyimpanan dan tunda jual. Pemkab terus mendukung adanya lumbung pangan untuk mensukseskan program swasembada pangan.
Dari 21 Kecamatan di Kabupaten Jombang, saat ini pemkab setempat  telah memiliki 354 bangunan lumbung pangan dari beberapa kelompok tani yang tersebar di seluruh kecamatan.
Ratusan lumbung tersebut terbagi dengan klasifikasi lumbung modern, maju, aktif dan tidak aktif kelembagaannya.
Heri Setyabudi, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kabupaten Jombang, mengungkapkan, dalam mensukseskan progam swasembada pangan, pada Kamis (30/11/2017) kemarin, pemkab juga kembali meresmikan Lumbung Pangan di Desa Gumulan Kecamatan Kesamben, Jombang, Jawa Timur.
“Target kita kedepan, semua dusun di kabupaten ada kelembagaan lumbung. Ini adalah bukti bahwa Jombang siap menyukseskan swasembada pangan menuju Indonesia menjadi lumbung pangan di Tahun 2045,” kata Heri Setyabudi, Jumat (1/12/2017).
Ia menambahkan, agar agar para petani bisa kembali menggiatkan lumbung pangan guna menyimpan cadangan pangan yang ada.
“Saat ini pangan sangat penting bagi masyarakat dan mudah-mudahan masyarakat bisa memanfaatkannya dengan baik agar tidak terjadi kesulitan pangan ketika musim paceklik,” katanya. (Jur)

Komentar