oleh

Jadi Cawapres Favorit Jokowi, AHY : Saya Tak Fikirkan Survei

AHY dan Istri bersama Jokowi di Istana Presiden. (Instagram AHY)
Jakarta, Jurnaljatim.com
Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute, Agus Harimurti Yudhoyono mengatakan tak memikirkan hasil sejumlah survei yang menyebut dirinya menjadi calon wakil presiden favorit mendampingi Presiden Jokowi pada Pemilihan Presiden Pilpres 2019 mendatang.
Agus yang kini mulai lebih dikenal dengan inisial AHY itu mengatakan berbagai kegiatan dan kuliah umum yang ia isi di berbagai kampus tak bertujuan untuk mengerek popularitas dan elektabilitas.
“Saya ingin berproses sebaik-baiknya tanpa harus memikirkan survei,” kata Agus di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (27/11/2017).
Menurut AHY, apa yang ia lakukan hanya ingin berkontribusi bagi masyarakat luas. “Seperti hari ini saya diundang menjadi salah satu pembicara seminar kepemudaan, mudah-mudahan keberadaan saya di masyarakat dapat menyiapkan saya dalam tujuan yang baik,” tutur Sulung SBY, Presiden ke enam RI ini.
Gagal dalam putaran pertama Pemilihan Gubernur DKI Jakarta, Nama AHY justru kian diperbincangkan dalam ranah politik nasional. Namanya masuk dalam sejumlah survei tentang pemilihan presiden 2019.
Survei terakhir yang dilakukan oleh lembaga Poltracking Indonesia menunjukkan nama AHY bersaing ketat dengan Panglima TNI Gatot Nurmantyo menjadi calon wakil presiden pendamping Jokowi. AHY hanya berselisih tipis dengan Gatot yang memperoleh 16,4 persen, adapun AHY 16 persen.
AHY mengaku belum mengetahui tentang hasil survei Poltracking tersebut. Saat disinggung apakah hasil survei itu menjadi modal bagi dirinya untuk menambah kepercayaan dirinya jelang Pilpres 2019, AHY hanya berujar “saya termasuk orang yang selalu percaya diri, dalam arti positif tentunya,” ujarnya dikutip dari tempo.
Ia menuturkan dirinya saat ini ingin terus melengkapi diri agar bisa memahami kompleksitas Indonesia dengan lebih baik.
“Saya anggap itu semakin membekali saya untuk terus berkontribusi dengan baik,” katanya.
Sebelumnya, Hasil survei nasional Poltracking Indonesia menyebutkan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dinilai oleh publik sebagai figur yang paling tepat mendampingi Joko Widodo di Pemilu 2019 mendatang.
Pada simulasi tujuh kandidat calon wakil presiden untuk Jokowi, Gatot menempati posisi teratas dengan 16,4 persen, sedangkan Agus menempel ketat di posisi kedua dengan 16 persen.
Sedangkan lima nama lainnya mendapat perolehan angka jauh lebih kecil, yakni di bawah 5 persen.
Menteri Keuangan Sri Mulyani yang berada di urutan ketiga hanya mengantongi elektabilitas 4,3 persen, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan 2,3 persen, dan Menteri PMK Puan Maharani 2 persen.
Kemudian, Gubernur Nusa Tenggara Barat M Zainul Majdi berada di urutan berikutnya dengan 1,3 persen dan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Budi Waseso dengan 0,9 persen. (*/jur)

Komentar