TMMD 2024 di Pagung Kediri Mendukung Percepatan Penurunan Angka Kemiskinan

Kediri, Jurnal Jatim –  Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-122 tahun 2024 di Desa Pagung Kecamatan Semen Kabupaten Kediri, resmi dibuka, Rabu (2/10/2024).

Upacara pembukaan dilangsungkan di lapangan Desa Pagung Kecamatan Semen. Pjs Bupati Kediri Heru Wahono Santoso bertindak sebagai inspektur upacara.

Upacara diikuti seluruh jajaran baik Kabupaten dan Kota kediri. Adapun peserta upacara dari Jajaran TNI/, Satpol PP dan organisasi masyarakat. Pemukulan gong oleh Pjs Bupati Kediri menjadi tanda dibukanya TMMD tahun ini.

yang dilaksanakan Kodim 0809 Kediri itu mengusung tema Dharma Bakti TMMD Wujudkan Percepatan di Wilayah.

Heru menyampaikan dalam sambutanya menyampaikan bahwa TMMD bertujuan membantu percepatan pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memantapkan kemanunggalan TNI dan rakyat.

“Dalam rangka menyiapkan ruang juang, alat juang dan kondisi juang yang tangguh,” kata Heru, Rabu (2/10/2024).

Menurut Heru, Kodim 0809 Kediri adalah satu-satunya yang mewakili Kodam V Brawijaya untuk melaksanakan TMMD di Desa Pagung Kecamatan Semen mulai 2 sampai 31 Oktober 2024.

“Terdapat 2 program yaitu fisik dan nonfisik, dimana fisik seperti pembangunan jalan, rumah tidak layak huni, pembangunan sumur untuk minum, renovasi musala,” katanya.

“Sedangkan nonfisik yaitu diadakannya pelatihan-pelatihan bekerjasama dengan OPD di Kabupaten Kediri,” lanjut dia.

Pada kesempatan itu, Heru juga menjelaskan alasan memilih desa Pagung sebagai lokasi TMMD 2024.

Menurut Heru, Desa Pagung merupakan salah satu pengembangan kawasan selingkar wilis sekaligus termasuk prosek setrategis yang pada saat ini berada dalam kemiskinan.

“Dengan kegiatan ini diharapkan dapat mendukung percepatan penurunan angka kemiskinan yang secara otomatis dapat menurunkan angka Stunting di Kabupaten Kediri,” katanya.

Setelah upacara, Pjs Bupati beserta Dandim 0809 dan jajaran forkopimda melakukan peninjauan lokasi proyek fisik pembangunan jalan sepanjang kurang lebih 1.500 meter yang rencananya menghubungkan desa Pagung kecamatan Semen dengan desa Tiron Kecamatan Banyakan.

“Semoga dalam waktu yang cukup singkat hanya 30 hari ke depan proyek fisik pembangunan jalan ini dapat berjalan lancar,” kata Letkol Inf Aris Setiawan Dandim 0809 Kediri saat di lokasi.

Aris menjelaskan, kesuksesan TMMD adalah sinergi dari semua pihak baik itu TNI/Polri, pemerintah daerah bahu membahu bersama masyarakat membangun desanya.

“Inilah kebersamaan antara TNI, Pemerintah Daerah dan masyarakat karena ini juga merupakan program padat karya yang melibatkan masyarakat setempat dalam pengerjaannya,” katanya.

Dapatkan update menarik hanya di .com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter .com. No tags for this post.