Terekam CCTV, Maling Uang Kotak Amal Masjid di Jombang Sisakan Recehan

Jombang, – Takmir Sabiilul Muttaqiin di Jombang, Jawa Timur, Sujono kaget ketika hendak salat tahajud, akhir pekan lalu, Jumat (18/10/2024).

Dia melihat di dalam masjid itu hilang. Setelah dicek melalui rekaman CCTV, ternyata dicuri oleh maling. Kotak amal itu kemudian ditemukan di belakang masjid dan tersisa recehan.

“Isi persisnya kurang tahu, kemungkinan kurang dari Rp500.000. Yang diambil uang lembaran, recehan masih ada (tersisa),” tutur Takmir Masjid ini, Selasa (22/10/2024).

Masjid Sabiilul Muttaqiin berada di Dusun Klaci Brodot Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang. Menurut Sujono, aksi serupa di masjid itu sudah berulang kali terjadi. Namun, kali ini Si maling hanya menyisakan recehan, uang-uang koin.

“Dalam tiga tahun terakhir ini sudah terjadi 4 kali kotak amal di Masjid Sabillulmuttaqiin. Total kerugian sekitar Rp7 juta,” katanya.

Sujono menjelaskan, pelaku yang terekam CCTV ciri-cirinya seorang pria mengenakan jaket hitam, celana hitam, putih. Dia beraksi sekitar pukul 00.50 WIB.

Satu orang lagi mengawasi situasi sekitar masjid. Pria berjaket hitam langsung naik ke masjid tanpa melepas sandal.

Pelaku kemudian mengangkat kotak amal tersebut ke arah barat. Kotak amal ditaruh di sebelah , lalu dikuras isinya dan menyisakan recehan.

“Dari rekaman CCTV, dia (pelaku) mengambil kotak amal lalu diangkat dibawa ke barat, makam masjid. Setelah itu isi kotak amal dicuri,” ujarnya.

Raibnya kotak amal jariyah di Masjid Sabiilul Muttaqiin tersebut menyebar ke media sosial dan . Sujono menyebut, pengurus masjid masih belum melaporkan ke kepolisian setempat. Pihaknya akan bermusyawarah untuk membuat laporan .

“Belum dilaporkan ke kepolisian. Tapi tadi sudah ada polisi dari Polres Jombang datang ke sini untuk menggali keterangan atas kejadian ini,” tandasnya.

Dapatkan update menarik hanya di .com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter .com.