Hasil Survei SMRC, Paslon Dhito – Dewi Ungguli Pesaing Deny – Mudawamah di Pilbup Kediri

, (Paslon) bupati dan wakil bupati Hanindhito Himawan Pramana – Dewi Mariya Ulfa unggul dari pesaingnya Deny Widyanarko dan Mudawamah dalam Pilbup Kediri 2024.

Paslon itu unggul berdasarkan hasil survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) periode 12 -17 Oktober 2024.

Direktur Eksekutif SMRC Deni Irvani mengatakan dengan simulasi surat suara, dukungan kepada paslon – Dewi sekitar 79,6 persen, sedangkan dukungan kepada pasangan Deny-Mudawamah 13,0 persen.

“Sementara yang tidak tahu/tidak menjawab sekitar 7,5 persen,” kata Deni dalam rilis yang dikirim, Selasa (22/10/2024).

Survei dilakukan menggunakan metode multistage random sampling terhadap masyarakat di atas 17 tahun. Survei menyasar pada 1.210 responden yang dipilih secara acak dengan margin of error 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Deni menjelaskan, dukungan itu erat dengan popularitas calon. Calon bupati Hanindhito Himawan Pramana, jauh lebih populer dan banyak dipilih dibanding Deny Widyanarko. Hal itu terlihat Hanindhito dikenal oleh 93 persen dibanding Deny Widyanarko yang dikenal oleh 48 persen.

”Selain lebih dikenal, tingkat penerimaan (likeability) Hanindhito juga lebih positif 95 persen dibanding Deny Widyanarko 65 persen,” jelasnya.

Selain faktor popularitas, elektabilitas calon juga berhubungan dengan evaluasi pemilih terhadap kinerja incumbent. Survei menemukan 90 persen warga merasa puas terhadap kinerja Hanindhito Himawan Pramana sebagai Bupati Kediri.

”Kepuasan warga yang tinggi ini dinilai turut mendorong elektabilitas Hanindhito sekarang ini,” tandasnya.

Kediri 2024 yang berlangsung 27 November diikuti dua Paslon Bupati dan Wakil Bupati. Yakni Paslon nomor urut 1 Deny Widyanarko dan Mudawamah yang didukung oleh Partai Kebangkitan Bangsa () dan Partai NasDem.

Kemudian Paslon nomor urut 2 Hanindhito Himawan Pramana dan Dewi Mariya Ulfa sebagai petahana diusung oleh enam partai politik, antara lain PDI Perjuangan, Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Golkar, , dan PKS.

Dapatkan update menarik hanya di .com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter .com.