Raker di Batu, PWI Jombang Fokus Peningkatan SDM Anggota

, Jurnal Jatim – Rapat kerja (raker) PWI Kabupaten Jombang periode 2024-2027 dilaksanakan di Samara pada 6-7 September 2024. Raker diikuti pengurus dan anggota PWI setempat.

Dalam raker tersebut, Persatuan Wartawan (PWI) Kabupaten Jombang fokus pada peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) serta pengembangan inovasi dan kolaborasi di dunia jurnalistik.

Ketua PWI Jombang, Muhammad Mufid, menekankan pentingnya meningkatkan kualitas SDM di era yang serba cepat.

Ia menegaskan wartawan harus mampu beradaptasi dengan perubahan dan menguasai berbagai platform untuk bisa menyampaikan informasi secara akurat dan tepat waktu.

Profesionalisme wartawan sangat ditentukan oleh kemampuan mereka dalam berinovasi dan berkolaborasi.

“Oleh karena itu, PWI Jombang akan memprioritaskan peningkatan kualitas SDM melalui berbagai pelatihan dan workshop agar para anggota bisa semakin kompeten dan relevan dengan kebutuhan zaman,” kata dia.

Beberapa poin penting dibahas dalam raker tersebut. antara lain penguatan kompetensi jurnalistik, penguasaan teknologi media baru, serta membangun sinergi dengan berbagai pihak, termasuk , swasta, dan masyarakat.

Hal tersebut diharapkan dapat mendorong terciptanya jurnalisme yang inovatif, responsif dan bermanfaat bagi publik.

“Kolaborasi adalah kunci. Melalui kerja sama dengan berbagai pihak, kita dapat menciptakan ekosistem pers yang sehat, profesional, dan memiliki dampak luas,” kata pria berkacamata ini.

Salah satu agenda penting dalam Raker di Batu tersebut adalah rencana pelaksanaan pelatihan jurnalistik berkelanjutan.

Program itu bertujuan untuk memberikan wawasan baru kepada anggota PWI Jombang, agar selalu up-to-date dengan perkembangan dunia pers dan teknologi.

Raker PWI Jombang juga diisi dengan diskusi terbuka. Setiap anggota menyampaikan ide dan masukan terkait peningkatan kualitas kerja wartawan di Jombang.

Diskusi itu menghasilkan sejumlah rencana konkret yang akan dilaksanakan PWI Jombang dalam tahun mendatang, termasuk penguatan keterampilan jurnalistik berbasis digital dan pembangunan jejaring yang lebih luas.

Mufid menambahkan bahwa PWI Jombang berkomitmen terus mendorong peningkatan kualitas SDM di kalangan serta menciptakan inovasi dan kolaborasi yang dapat membawa dampak positif bagi masyarakat dan dunia pers.

Dapatkan update menarik hanya di .com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter .com.