Mulai September 2024 RT dan RW di Kediri Terima Tunjangan Rp300 Ribu Tanpa Potongan

Kediri, Jurnal Jatim – Mulai September 2024 Ketu di Kabupaten Kediri Jawa Timur menerima tunjangan Rp300 ribu tanpa potongan.

Tunjangan RT dan RW itu naik dari sebelumnya yang diterima Rp250 ribu per bulan dipotong iuran BPJS .

Hal itu disampaikan langsung Himawan Pramana setelah mendengarkan aspirasi ketua RT dan RW dalam acara pembinaan di GOR Jatianom, Kecamatan Papar.

“Mulai September ini (tunjangan) Rp300 ribu tanpa potong pajak dan (iuran) ditanggung pemerintah,” kata Dhito, Jumat (6/9/2024).

Ia pun mengingatkan sebagai garda terdepan pencapaian visi misi pemerintah daerah, ketua RT dan RW diharap tetap dapat meningkatkan kinerja.

Sesuai tugasnya, jabatan RT dan RW yakni membantu dalam bidang pelayanan pemerintahan termasuk dalam menyediakan data kependudukan dan perizinan dan melaksanakan tugas lain yang diberikan .

Di Kabupaten Kediri, dari 26 kecamatan 343 desa dan 1 kelurahan, keseluruhan RT dan RW ada sebanyak 12.149 dengan rincian 9.381 RT dan 2.768 RW.

“Kenaikan ini tentunya secara bertahap, tapi kerjanya jenengan (RT dan RW) pasti juga akan semakin diawasi warga,” katanya.

Disisi lain, adanya bandara, pembangunan jalan tol, stadion, rumah dan pembangunan yang bergerak cepat di Kabupaten Kediri, tak dipungkiri lambat laun daerah ini akan terpengaruh dengan kehidupan perkotaan.

Tantangan yang akan dihadapi, tentunya butuh kerja sama semua pihak termasuk RT dan RW.

Termasuk pula dalam menyukseskan program pemerintah seperti dalam peningkatan pelayanan maupun penanganan stunting.

Untuk itu, Dhito kembali mengingatkan kenaikan tunjangan kepada ketua RT dan RW itu diharapkan diimbangi dengan peningkatan tugas pelayanan kepada masyarakat.

Dalam acara pembinaan kepada ketua RT dan RW itu, Dhito juga mengajak diskusi untuk mengetahui persoalan yang ada di masyarakat untuk dapat ditindaklanjuti.

Beberapa usulan yang disampaikan RT dan RW terkait infrastruktur, usulan renovasi gedung , termasuk pembangunan TPS 3R untuk menghindari pembuangan sampah di .

Dhito juga memberikan apresiasi kepada Ketua RT dan RW atas komitmen pelayanan yang diberikan. Terlihat dari usulan yang disampaikan semua untuk kepentingan masyarakat.

“Kabupaten ini sedang melakukan lompatan besar, butuh kerja keras dan ini butuh peran serta RT dan RW,” tutupnya.

Dapatkan update menarik hanya di .com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter .com.