Pilkada Jombang 2024, Mundjidah-Sumrambah Tuntas Jalani Tes Kesehatan di Hari Pertama

, Jurnal Jatim – Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati, Mundjidah Wahab dan Sumrambah tuntas menjalani tes kesehatan pada hari pertama ini, Jumat (30/8/2024)

Pemeriksaan kesehatan itu merupakan salah satu persyaratan utama yang harus dipenuhi para calon kepala daerah, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

Ketua Jombang Udi Masykur menyebut pemeriksaan tidak hanya pasangan bakal calon , tetapi juga dilakukan bakal pasangan calon dan Salmanudin Yazid.

“Sesuai jadwal, hari ini dan besok kedua bakal pasangan calon (Bapaslon) melakukan tes kesehatan di RSAL Dr Ramelan Surabaya,” kata Udi dihubungi melalui telepon, Jumat (30/8/2024).

Pada hari pertama ini, kedua bapaslon melakukan pemeriksaan jasmani. Lalu di hari kedua, pemeriksaan rohani. Dalam tes kesehatan tersebut, KPU setempat turut mendampingi.

“Hari pertama ini pemeriksaan kesehatan sudah selesai, dilanjutkan lagi besok pagi pemeriksaan rohani (jiwa),” ujarnya.

Terpisah, Sekretaris DPC PDI Perjuangan, Doni Anggun menyampaikan bapaslon petahana yang diusung PDI Perjuangan, dan Demokrat telah rampung menjalani tes kesehatan jasmani yang menjadi prasyarat pencalonan kepala daerah Jombang.

“Alhamdulillah hari pertama Bu Mundjidah dan Mas Sumrambah menjalani pemeriksaan kesehatan fisik telah terlewati dengan lancar tanpa kendala,” kata Doni Anggun dalam keterangannya yang diterima.

Pada pemeriksaan kesehatan rohani besok, Doni juga memastikan akan berjalan dengan baik seperti tes kesehatan jasmani hari ini. Ia juga optimis semuanya akan membuahkan hasil yang baik dan maksimal untuk Mundjidah maupun Sumrambah.

“Mohon doa restu masyarakat Jombang,  semoga Bu Mundjidah dan Mas Sumrambah lolos dan karena menentukan langkah ke depan,” ujar anggota dari PDI Perjuangan ini.

2024 diikuti 2 pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati. Yakni Mundjidah Wahab dan Sumrambah, serta Warsubi dan Salmanudin Yazid atau Gus Salman.

Mundjidah-Sumrambah mendaftarkan diri pada hari pertama pendaftaran Pilkada Serentak 2024 yang dibuka sejak Selasa (27/8/2024) hingga Kamis (29/8/2024).

Adapun setelah pendaftaran bakal calon kepala daerah ditutup pada Kamis (29/8/2024) pukul 00.00 WIB, dilanjutkan tes kesehatan bakal calon.

Pemeriksaan kesehatan ini sesuai Keputusan KPU Nomor 1090 Tahun 2024 tentang Pedoman Teknis Pemeriksaan Kesehatan dalam Pemilihan dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024.

Dapatkan update menarik hanya di .com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter .com.