Konferwil di Jombang, AHWA Pilih KH Anwar Manshur Pimpinan Tertinggi NU di Jatim

Jombang, Jurnal Jatim – Tujuh orang anggota ahlul halli wal aqdi (AHWA) telah menetapkan KH Anwar Manshur sebagai Rais Syuriah PWNU Jatim periode 2024-2029.

Penetapan itu dalam forum Sidang pleno di , Jombang, , Sabtu (3/8/2024) sore.

Pleno IV Konferwil ke-18 Jawa Timur untuk menetapkan Kiai Anwar Manshur sebagai Rais Syuriah PWNU Jatim untuk lima tahun ke depan itu dipimpin wakil ketua umum , KH Amin Said Husni.

“Pada hari ini Sabtu (03/08/2024) bertempat di Pesantren dalam Konferwil ke-18 NU Jawa Timur telah dilaksanakan Ahwa dan berdasarkan musyawarah mufakat sepakat untuk memilih KH Anwar Manshur sebagai Rais PWNU Jawa Timur masa khidmat 2024-2029,” kata Kiai Amin.

Uuntuk diketahui anggota Ahlul Halli wal Aqdi atau Ahwa pada Konferensi Wilayah (Konferwil) ke-18 Nahdlatul (NU) terpilih tujuh orang kiai atau ulama.

Yakni KH Miftachul Akhyar; ⁠KH Anwar Manshur; ⁠KH Anwar Iskandar; ⁠KH Mutawakkil Alallah; KH Fuad Nur Hasan; ⁠KH Ubaidillah Faqih dan ⁠KH Mudatsir Badaruddin.

Konferwil di Jombang, AHWA Pilih KH Anwar Manshur Pimpinan Tertinggi NU di Jatim

Anggota AHWA kemudian bermusyawarah menetapkan pimpinan tertinggi NU Jawa Timur periode 2024-2029.

“Memenuhi pasal 5 ayat 1-10 UU Perkumpulan NU, maka tadi kami anggota Ahwa telah melaksanakan musyawarah dalam rangka menjalankan mandat dan amanah dari konferensi,” kata salah satu anggota Ahwa, Kiai Anwar Iskandar.

Hasil dari pada keputusan musywarah AHWA kemudian dituangkan dalam sebuah berita acara yang sekaligus nanti menjadi keputusan rapat pleno pada hari ini.

“Mudah-mudahan apa yang kita putuskan menjadi keputusan yang diridhai Allah,” ujar Kiai Anwar sebelum menutup penyampaian hasil musyawarah anggota Ahwa dalam forum sidang pleno Konferwil NU Jatim.

Sidang pleno selanjutnya berdasarkan jadwal adalah pemilihan Ketua PWNU Jawa Timur. Kemudian dilanjutkan penetapan Ketua PWNU Jawa Timur periode 2024-2029.

PWNU Jawa Timur menggelar konferwil ke 18 di Tebuireng, Jombang mulai 2-4 Agustus 2024. Konferwil dibuka pada Jumat (2/8/2024) malam oleh ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf atau dan Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar.

Hadir dalam pembukaan itu Sekretaris Jenderal PBNU H Saifullah Yusuf. Di jajaran PWNU Jatim hadir Rais Syuriah KH Anwar Manshur, Katib KH Romadlon Chotib, penjabat Ketua KH Abdul Hakim Mahfudz serta Sekretaris Prof Akh Muzakki.

Dapatkan update menarik hanya di .com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter .