Ribuan Nahdliyin Akan Hadir Konferwil PWNU Jatim di Jombang, Ini Rangkaian Acaranya

Jombang, Jurnal Jatim – Ribuan Nahdliyyin akan hadir pada konferensi wilayah (Konferwil) XVIII PWNU Jawa Timur di Pondok Pesantren (Ponpes) , Kabupaten Jombang pada 2-4 Agustus.

Ketua umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya bersama pengurus juga dijadwalkan hadir di pembukaan sekaligus membuka acara tersebut.

Pada konferwil selama tiga hari itu, terdapat sejumlah rangkaian acara. Berdasarkan agenda yang didapat, mulai Jumat 2 Agustus diisi dengan khotmil Quran 18 majelis.

Acara tersebut dilaksanakan di 4 pondok pesantren besar dan MWC di seluruh Jombang, setelah subuh hingga selesai.

Pagi hari di hari yang sama dilaksanakan Akbar 1446 dari seluruh MWC NU se Jombang di venue utama Konferwil.

Lalu malam hari pukul 19.30 WIB dilaksanakan pembukaan Konferwil XVIII, diikuti seluruh peserta dari PCNU se Jawa Timur dan 1500 tamu undangan.

“Yang hadir di pembukaan itu nanti dipastikan PBNU itu ada rais Syuriah, khatib, kemudian ketua umum, sekretaris umum dan wakil bidang organisasi, insyaallah ada lima orang,” kata Ketua panitia lokal Konferwil NU Jatim Wafiyul Ahdi, dihubungi wartawan.

Sementara dari pejabat daerah, kata Gus Wafi, antara lain Pj Jawa Timur , Forkopimda Jatim, konjen (konsulat jeny) yang kantornya di Surabaya.

“Juga hadir -kiai sepuh se Jatim, selain peserta resmi,” kata salah satu pengasuh pondok pesantren Bahrul Ulum ini.

Kemudian, pada 3 Agustus pukul 05.00 WIB selepas subuh, seluruh peserta Konferwil, pengurus PWNU Jatim dan PBNU ziarah maqbaroh muasis NU di kompleks pondok pesantren Tebuireng Jombang.

Setelah itu, pukul 08.00 WIB dimulainya Konferwil XVIII PWNU Jatim dengan agenda laporan pertanggungjawaban dan sidang pleno serta sidang komisi.

Ada tujuh sidang komisi. Yakni Bahtsul Masail Waqi’iyah, Bahtsul Masail Maudhuiyah, Bahtsul Masail Qonuniyah, Sidang komisi organisasi, sidang komisi program, sidang komisi rekomendasi dan tabulasi penghitungan calon ahwa.

“Setelah selesai sidang komisi dan pleno, pada malam hari dijadwalkan pemilihan rois dan ketua PWNU periode 2024-2029 dan penutupan,” ujarnya.

Saat ini, panitia telah menyiapkan dengan matang lokasi penginapan para peserta dan kiai yang hadir di acara tersebut.

“Kemarin sudah dirapatkan di PWNU Jatim terkait kendala-kendala dan sudah ada solusi,” ujarnya.

Para peserta akan menginap di gedung-gedung kampus Unhasy yang lokasinya dekat dengan konferwil. Adapun peserta resmi Konferwil sebanyak 450 orang dari 45 Pimpinan Cabang NU se Jatim masing masing mengirimkan 10 orang.

Gus Wafi berharap Konferwil bisa berjalan dengan lancar dan hasilnya bisa membawa kemaslahatan bagi Nahdliyyin seluruh Jawa Timur.

“Harapannya peserta Konferwil mengikuti petunjuk-petunjuk yang sudah ditentukan,” pungkasnya.

Dapatkan update menarik hanya di .com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter .