Jemaah Haji Kloter Terakhir Dijadwalkan Tiba di Surabaya Hari Ini

Surabaya, – Jemaah haji kloter 106 asal yang merupakan dijadwalkan akan tiba di Debarkasi Surabaya, hari ini, Senin (22/7/2024).

Kloter 106 merupakan Jemaah haji dari Kabupaten Pamekasan Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik akan tiba di pukul 15.30 WIB.

Sekretaris PPIH Debarkasi Surabaya Abdul Haris mengungkapkan, jemaah haji kloter terakhir ini akan disambut oleh sejumlah terkait. Mulai dari PPIH, Kanwil , Pemprov Jatim, hingga otoritas kesehatan dan penerbangan.

“Kehadiran para PPIH inti dan stakeholder ini sekaligus sebagai forum untuk evaluasi penyelenggaraan haji tahun 2024 untuk perbaikan layanan di tahun berikutnya,” katanya, Minggu (21/7/2024).

Mendekati masa pemulangan terakhir jemaah haji Debarkasi Surabaya, Haris menuturkan ada 34.397 jemaah telah tiba di tanah air yang tergabung dalam 93 kloter. Dengan demikian 88 persen jemaah dari total 39.264 jemaah telah tiba di tanah air.

Di antara puluhan ribu jemaah yang telah kembali, masih ada 14 jemaah Debarkasi Surabaya yang hingga kini dirawat di rumah sakit di Arab Saudi. Haris juga menjelaskan ada 77 jemaah Debarkasi Surabaya yang di tanah suci.

“Jumlah ini sekitar 17 persen dari total jemaah haji secara nasional yang wafat di tanah suci yakni 450 orang,” ujarnya.

Haris juga berpesan agar para jemaah haji menjaga kemabruran hajinya dengan meneruskan kebiasaan baik yang sudah dilakukan di tanah suci.

“Jika di tanah suci, Bapak/Ibu biasa tiba di Masjidil Haram dan Nabawi dua tiga jam sebelum azan. Maka alangkah baiknya kebiasaan itu tetap dilanjutkan di tanah air,” ujarnya berpesan.

Dapatkan update menarik hanya di .com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter .