Momen Hari Lahir Pancasila, MPC PP Kota Kediri Ajak Warga Cinta Bangsa

, Jurnal Jatim – Hari Lahir Pancasila setiap 1 Juni diperingati Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) dengan upacara bendera.

Upacara bendera dilaksanakan di halaman Makodim 0809 Kediri, Kota Kediri, Jawa Timur, Sabtu (1/6/2024) pagi.

Diikuti Ketua MPC PP Kota Kediri M Akson Nul Huda bersama jajaran pengurus, jajaran Kodim Kediri, , Perwakilan IPSI, Alumni Paskibra, GRIB Jaya Kota Kediri, beserta ormas lainnya.

Akson menyampaikan bahwa MPC PP Kota Kediri mendapatkan sebuah kehormatan dari Kodim 0809/Kediri yang diundang dan diikutsertakan memperingati Hari Lahirnya Pancasila tahun ini.

Menurut Akson makna yang terpenting pada momen ini adalah menggali nilai-nilai Pancasila.  Seluruh elemen masyarakat harus komitmen, menjaga serta mempertahankan salah satu pilar kebangsaan, yakni Pancasila.

“Memupuk nilai-nilai patriotisme dan nasionalisme serta terus menggali nilai-nilai falsafah dari Pancasila itu sendiri,” ujarnya.

Ada berbagai rangkaian kegiatan MPC PP Kota Kediri dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila ke 79 tahun 2024 ini.

Seperti pada hari ini menggelar seminar kebangsaan Bela Negara yang dipusatkan di Setyo Santoso Makodim 0809/Kediri dengan peserta masyarakat umum.

“Minggu besok 2 Juni 2024 Deklarasi Bela Negara dengan mengumandangkan Ikrar Cinta Damai dan Cinta NKRI, dipusatkan di Jalan Dhoho Kota Kediri,” ucap Akson.

Kegiatan itu melibatkan elemen masyarakat secara seremonial membagikan pita dan .

“Saya berharap pada momen ini, masyarakat Kota Kediri semakin mencintai bangsanya dan yang terpenting anak-anak muda,” kata dia.

Sebab, Akson melihat anak-anak muda saat ini mulai kehilangan ruh dan kecintaan pada negara.

“Pada momen hari Lahirnya Pancasila ini bisa memberikan semangat dan spirit baru kepada masyarakat, terutama anak muda untuk lebih cinta kepada Negerinya,” katanya.

Sementara, Pabung Kodim 0809 Kediri Kapten Infanteri Ngatari mengharapkan lahirnya Pancasila ini betul-betul menjadi ideologi Bangsa dan diimplementasikan ke masyarakat yang terkandung nilai-nilai di dalamnya.

“Untuk saat ini di momen ini sangat dibutuhkan dengan cara diberikan wawasan kebangsaan menyasar ke sekolah pada saat kegiatan dimasukkan nilai-nilai Pancasila, sehingga generasi anak-anak menjadi generasi berpancasila,” ujarnya.

Dapatkan update menarik hanya di .com, Jangan lupa follow jurnaljatim.com dgoogle news instagram serta twitter .com.